Bulan akan Melintasi Summer Triangle Malam Ini

Letak Summer Triangle dan Bulan pada 18 Agustus 2013 19:00:00. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Cemerlangnya sinar Bulan malam ini yang sudah memasuki fase Bulan Cembung akan mengalahkan cahaya bintang-bintang.

Sementara cahaya dari bintang-bintang itu kalah dengan cahaya Bulan, bintang Vega, bintang Deneb, dan bintang Altair akan lebih cemerlang dari yang lain.

Vega, Deneb, dan Altair akan membentuk segitiga yang disebut Summer Triangle. Malam ini, seluruh wilayah Bumi belahan Utara bisa melihat Bulan yang berdekatan dengan Summer Triangle.

Mulai pukul 19.00 waktu setempat, lihat lah arah Timur. Akan ada Bulan dan Summer Triangle seperti pada gambar di atas.

Kenampakan ini bisa diamati di seluruh wilayah Indonesia dengan mata telanjang. Atau jika Anda memiliki binokuler atau teleskop mungkin bisa digunakan agar lebih jelas dan menarik.

Apa, sih, Summer Triangle itu?
Summer Triangle adalah 3 bintang (Vega, Deneb, dan Altair) yang membentuk segitiga di langit. Orang barat beranggapan jika Summer Triangle ini sudah muncul maka musim panas akan tiba.

Vega adalah protobintang utara, 12 ribu tahun dari sekarang sumbu rotasi Bumi akan mengarah ke bintang Vega. Nantinya Vega akan menggantikan Polaris yang saat ini menjadi bintang utara.

Di arah penglihatan yang sama, bentangan galaksi Bima Sakti juga akan muncul di 'belakang' Summer Triangle. Klik ini untuk cara melihat bentangan galaksi Bima Sakti.