Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Badai Matahari Sedang Menuju Bumi

Badai Matahari Sedang Menuju Bumi
Badai Matahari Sedang Menuju Bumi
Badai Matahari 20 Agustus 2013. Kredit: NASA
Info Astronomy - Per tanggal 20 Agustus 2013, Matahari -- bintang terdekat Bumi -- meletus dan melontarkan Coronal Mass Ejection (CME).

CME dapat membawa 10 miliar ton partikel bermuatan dari Matahari, dan CME pada 20 Agustus 2013 ini bergerak langsung ke Bumi. Ia akan sampai tiga hari kemudian, atau jika dihitung akan sampai esok hari.

Pertikel yang dibawa CME tidak akan membakar Bumi dan seluruh isinya, namun bisa mengganggu perangkat elektronik yang digunakan di Bumi.

Selain itu, CME juga dapat menimbulkan sebuah badai geomagnetik. Menurut NASA, badai geomagnetik dapat menurunkan sinyal komunikasi. Dampak yang paling indah dari 'serangan' CME ini adalah Aurora. [Lihat video proses terbentuknya aurora]

CME ini bergerak menuju Bumi dengan kecepatan 570 mil per detik. Datangnya CME juga bukan penyebab panasnya suhu Bumi.

Sadarkah Anda? Panasnya suhu Bumi paling banyak disebabkan oleh manusia itu sendiri. Seperti selalu menggunakan kendaraan pribadi, membuang sampah sembarangan, dan merusak alam sekitar.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.