Badai Matahari Sedang Menuju Bumi

Badai Matahari Sedang Menuju Bumi
Badai Matahari 20 Agustus 2013. Kredit: NASA
Info Astronomy - Per tanggal 20 Agustus 2013, Matahari -- bintang terdekat Bumi -- meletus dan melontarkan Coronal Mass Ejection (CME).

CME dapat membawa 10 miliar ton partikel bermuatan dari Matahari, dan CME pada 20 Agustus 2013 ini bergerak langsung ke Bumi. Ia akan sampai tiga hari kemudian, atau jika dihitung akan sampai esok hari.

Pertikel yang dibawa CME tidak akan membakar Bumi dan seluruh isinya, namun bisa mengganggu perangkat elektronik yang digunakan di Bumi.

Selain itu, CME juga dapat menimbulkan sebuah badai geomagnetik. Menurut NASA, badai geomagnetik dapat menurunkan sinyal komunikasi. Dampak yang paling indah dari 'serangan' CME ini adalah Aurora. [Lihat video proses terbentuknya aurora]

CME ini bergerak menuju Bumi dengan kecepatan 570 mil per detik. Datangnya CME juga bukan penyebab panasnya suhu Bumi.

Sadarkah Anda? Panasnya suhu Bumi paling banyak disebabkan oleh manusia itu sendiri. Seperti selalu menggunakan kendaraan pribadi, membuang sampah sembarangan, dan merusak alam sekitar.
Badai Matahari Sedang Menuju Bumi Badai Matahari Sedang Menuju Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on Agustus 22, 2013 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!