9 Cara Sederhana Untuk Jaga Bumi Kita

9 Cara Sederhana Untuk Jaga Bumi Kita
Ilustrasi
Info Astronomy - Masalah Pemanasan Global (Global Warming) bukanlah masalah masa depan namun terjadi saat ini. Perubahan iklim sudah terlihat jelas!

Hal ini menjadi sebuah tugas bagi setiap individu untuk mendukung pencegahan dan penanganan global warming serta mendukung program green earth mulai saat ini, dari kita sendiri dan dimulai dengan hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan.

Ada 9 cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan planet kita - Bumi, diantaranya:

1. Makanlah dengan Bijaksana, caranya:
  • Perbanyaklah makan sayuran atau sedikit memakan daging. Hal ini dikarenakan fakta menunjukkan bahwa 18 persen dari emisi gas rumah kaca di seluruh dunia diakibatkan dari produksi peternakan.
  • Membeli Sayuran Organik, Pertanian organik lebih banyak menyimpan karbon di tanah daripada non organik, sehingga mampu menjaga karbon keluar dari atmosfer. Cari petani lokal yang menanam organik, dan pastikan untuk membaca label kemasan ketika Anda berbelanja.
  • Habiskan Makanan. Menurut sebuah studi oleh UNFAO, lebih dari sepertiga dari semua makanan yang diproduksi di seluruh dunia yang terbuang adalah 1,3 miliar ton per tahun. Makanan yang tidak terpakai di TPA merupakan salah satu sumber utama gas rumah kaca. Ada baiknya jika kira-kira tidak bisa menghabiskan makanan ambilah sesuai porsinya serta bagikan kepada orang lain yang memerlukan. Dengan berbagi makanan kelaparan di dunia akan berkurang bahkan teraratasi.
2. Cerdas Menggunakan Energi
  • Mengurangi konsumi energi kita. Seperti menggunakan lampu seefisien mungkin: beralih ke bola lampu neon kompak (CFL), dan banyak hal lainnya dalam menghemat listrik.
  • Membeli peralatan hemat energi. Periksa label alat elektronik yang kita beli apakah hemat energi atau tidak.
  • Mendukung energi terbarukan. Mendukung organisasi yang ada di dunia baik pemerintah maupun non pemerintah dalam membuat energi terbarukan dan melindungi serta menjaga bumi lebih baik.
3. Menggunakan Air dengan Bijak
Kita tidak bisa hidup tanpa pasokan air bersih dan melimpah, namun perubahan iklim sudah memiliki efek mendalam pada kuantitas, kualitas dan ketersediaan sumber daya air.
  • Mengurangi, Memperbaiki dan Retrofit.
  • Mendukung kebijakan air yang berkelanjutan
4. Bertransportasi dengan Bijak
Transportasi kendaraan umum adalah hal yang sangat cepat dalam mempengaruhi perubahan iklim karena kandungan CO2 nya.
  • Tinggalkanlah mobil di rumah. Hal ini bisa kita lakukan saat bepergian tidak terlalu jauh dengan menggantinya melalui transportasi umum, sepeda atau bahakan jalan kaki.
  • Membeli kendaraan hemat bahan bakar.
  • Mengurangi Perjalanan dengan Pesawat. Faktanya pesawat juga menyumbang polusi yang banyak dalam pemanasan global.
  • Stop memberhentikan kendaraan di jalan. Jika saja setiap kendaraan umum mulai berhenti untuk memberhentikan kendaraannya selama tiga menit sehari akan mencegah lebih dari 1,4 juta ton karbon di atmosfer.
5. Memeriksa Tong Sampah
Mayoritas sampah berakhir dalam tong sampah, sekitar 25 persen emisi gas disebabkan sampah yang ada di tempat pembuangan sampah. berikut yang bisa kita lakukan dengan sampah-sampah tersebut:
  • Recycle, mendaur ulang kembali sampah sampah yang bisa dipergunakan kembali seperti sampah plastik. kalau kita tidak bisa mendaur ulangnya berikan saja kepada pengrajin untuk mendaur ulang.
  • Kompos, memilah sampah yang bisa dibuat jadi kompos seperti sampah makanan yang umumnya hingga 40% berada di tempat pembuangan sampah. kompos ini sangat baik sebagai pupuk tanaman.
  • mendukung dengan uang kita. memberikan sedikit bantuan bagi organisasi penghijauan dan semacamnya, terutama kaitannya dengan pengelolaan sampah.
  • mengurangi penggunaan sampah plastik.
6. Bergabung dalam Perubahan
Bersama-sama, kita dapat memerangi perubahan iklim: Membuat suara Anda didengar dan bergabung dengan warga terkait lainnya bekerja sama untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi planet kita.

7. Mendukung dan Memberikan Donasi
Banyak sekali organisasi dunia yang berkecimpung mengurusi masalah pemanasan global dan bumi yang hijau. Setidaknya dengan memberikan dan dukungan dana meskipun sedikit bisa membantu upaya mereka dalam menyelamatkan bumi.

8. Membeli dengan Cerdas
Saatnya kita menjadi pembeli yang cerdas, pembeli yang tahu informasi mengenai mana produk yang mendukung green earth mana yang tidak.

9. Stop Berdebat dan Segera Lakukan
Perubahan iklim adalah masalah besar dan rumit yang tidak akan hilang dengan sendirinya. Namun ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan bumi yang hijau, energi yang terbarukan.

Jika Global Warming terus menerus meningkat maka apa yang akan terjadi?

Sebuah laporan tindak lanjut oleh IPCC dirilis pada bulan April 2007 memperingatkan bahwa pemanasan global dapat menyebabkan kekurangan makanan dan air dalam skala besar dan memiliki efek bencana terhadap satwa liar.

Berdasarkan proyek penelitian ilmuwan bahwa suhu rata-rata global akan meningkat 3,2-7,2 ° F pada tahun 2100. Suhu pemanasan yang berarti Es di Arktik akan sepenuhnya melebur menjadi air tahun 2050, menyebabkan permukaan air laut naik dan menciptakan kekurangan air di daerah yang bergantung pada laut untuk limpasan air tawar.

Naiknya permukaan air laut bisa melebar keluar wilayah pesisir padat penduduk. Di Amerika Serikat, Louisiana dan Florida termasuk sangat beresiko, sementara New York berada dalam bahaya banjir. Para ilmuwan memprediksi permukaan air laut bisa naik antara 7 dan 23 inci pada tahun 2100.

Suhu laut hangat juga berarti badai tropis akan tumbuh lebih intens dengan angin kuat dan partisipasi lebih berat.

1,6 juta spesies terancam punah dari habitat yang akan menghilang, perubahan ekosistem dan pengasaman lautan. Kematian akibat pemanasan global diperkirakan akan dua kali lipat hanya dalam waktu 25 tahun, hingga 300.000 orang per tahun.

Sungguh sebuah prediksi berdasarkan fakta dan penelitian yang kita semua perlu cermati. Kita sebagai manusia mungkin sudah dibatas wajar mengeruk alam dan meengotori alam.

Sudah saatnya kita bersama-sama melakukan yang terbaik bagi Bumi ini.
9 Cara Sederhana Untuk Jaga Bumi Kita 9 Cara Sederhana Untuk Jaga Bumi Kita Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/16/2013 03:13:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.