100.000 Orang Lebih Ingin ke Planet Mars

100.000 Orang Lebih Ingin ke Planet Mars
Ilustrasi manusia yang tinggal di Mars. Kredit: Mars One
Info Astronomy - Lebih dari 100.000 orang sangat ingin membuat rumahnya sendiri di planet lain. Mereka akan melakukan perjalanan satu arah ke Mars, berharap untuk dipilih dan akan menghabiskan sisa hidup mereka di wilayah yang belum dipetakan tersebut.

Proyek Mars One ingin mengkolonisasi planet merah tersebut, mulai tahun 2022. Ada beberapa pertanyaan dari pekerjaan berbahaya ini yang belum diklarifikasi, seperti adakah cukup uang? Apakah orang benar-benar dapat bertahan hidup di Mars? Tapi masalah ini belum menghentikan 30.000 orang Amerika untuk mendaftar.

Anda dapat melihat beberapa kandidat di situs resmi Mars One project, tapi mereka bukan satu-satunya yang telah mendaftar, kata Bas Lansdorp, CEO dan co-founder Mars One.

Proses pendaftaran

Siapapun yang berumur lebih dari 18 tahun bisa mendaftar, biaya pendaftaran tergantung pada kewarganegaraan. Bagi orang Amerika di kenakan biaya $38.

Perusahaan itu mengatakan ia menetapkan harga berdasarkan produk domestik bruto per kapita masing-masing negara agar semua orang bisa berpartisipasi.

Kru pertama misi Mars One, akan menghabiskan dana $6 miliar, kata Lansdorp. Dana itu akan didapatkan dari sponsor dan media yang akan membayar untuk hak siar acara dan film yang mendokumentasikan segala sesuatu dari pelatihan astronot di Bumi untuk penyebaran dan kolonisasi mereka di Mars.

Selain yang mendaftar, Mars One mengatakan akan memilih kelompok multicontinental dari 40 astronot tahun ini. Empat dari mereka - dua pria dan dua wanita - ditetapkan untuk berangkat ke Mars pada bulan September 2022 dan mendarat di Mars bulan April 2023.

Kelompok lain multicontinental akan digelar dua tahun kemudian, menurut rencana Mars One. Tak satu pun dari mereka akan kembali ke Bumi.

Para astronot akan menjalani pelatihan delapan tahun yang dibutuhkan di lokasi terpencil. Menurut informasi, mereka akan belajar bagaimana untuk memperbaiki struktur habitat, menanam sayuran dalam ruangan sempit dan mengatasi masalah kesehatan baik yang ringan maupun serius seperti perawatan gigi, keseleo hingga patah tulang.

"Apa yang kami ingin lakukan adalah menceritakan kisah kepada dunia," kata Lansdorp, "Ketika manusia pergi ke Mars, ketika mereka menetap di Mars dan membangun Bumi baru, sebuah planet baru. Ini adalah salah satu hal yang paling menarik yang pernah terjadi, dan kami ingin berbagi cerita ke seluruh dunia."

Bagaimana jika Anda tinggal di Mars?

Setiap melakukan pendaratan, Mars One akan mengirim pasokan sebanyak 5.511 pon yang akan berguna di Mars.

Setelah delapan misi, lebih dari 44.000 pon persediaan dan manusia juga diperkirakan telah tiba. Kapsul sendiri, yang beratnya tidak termasuk dalam jumlah tersebut, akan menjadi bagian dari habitasi.

Makanan dan panel surya akan berada dalam kapsul. Bumi tidak akan mengirimkan banyak air atau oksigen tetapi akan diproduksi di Mars kata Lansdorp. Astronot akan menyaring air Mars dari tanah Mars. "Mereka akan menguap dan mengembun kembali ke bentuk cair," katanya.

"Dari air kita bisa membuat hidrogen dan oksigen, dan kami akan menggunakan oksigen untuk bernapas dalam atmosfer habitasi. Ini akan disiapkan oleh penjelajah mandiri sebelum manusia tiba".

Kedengarannya seperti terraforming, sebuah proses di mana kondisi planet yang dimodifikasi untuk membuatnya layak huni, tapi Lansdorp mengatakan tidak.

"Kami akan menciptakan atmosfer yang terlihat seperti atmosfer di Bumi, sehingga Anda bisa mengatakan bahwa kita terraforming habitasi. Tetapi untuk terraform seluruh planet, itu proyek yang akan membutuhkan waktu ratusan tahun lagi," tambahnya.

Misi yang Berbahaya

Terlepas dari risiko perjalanan ruang angkasa, Mars One mengatakan ia yakin akan kelayakan proyek. Namun, beberapa ahli perjalanan ruang angkasa telah mengatakan risiko terlalu tinggi untuk melaksanakan misi berawak ke Mars dan belum ada manusia yang melakukan perjalanan sejauh itu sebelumnya.

Radiasi juga menjadi masalah besar. NASA tidak memungkinkan astronot mereka untuk mengekspos diri mereka ke tingkat radiasi yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker lebih dari 3%.

Dalam perjalanan ke Mars, para astronot bisa terkena radiasi dalam jumlah maksimum yang tidak diizinkan dalam lembaga NASA saat ini. Tapi Mars One hanya melakukan perjalanan satu arah jadi mereka tidak mempermasalahkan masalah tersebut.

Dan ketika berada di Mars, astronot juga bisa terpapar radiasi tergantung lama mereka tinggal. Tapi mudah-mudahan kondisi atmosfer Mars bisa menjadi perisai bagi manusia di sana.

Bagaimana, Anda berminat? Ingat, Anda tidak akan pernah kembali lagi ke Bumi. Untuk ikut mendaftar, silahkan menuju link berikut: http://apply.mars-one.com/
100.000 Orang Lebih Ingin ke Planet Mars 100.000 Orang Lebih Ingin ke Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/13/2013 04:47:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.