Wujud Matahari Kita 5 Miliar Tahun Mendatang

Nebula planeter IC 289. Kredit: NASA
Info Astronomy - Tahukah Anda? Matahari adalah sebuah bintang. Matahari adalah bintang terdekat dengan Bumi kita, jaraknya yakni 150 juta kilometer.

Matahari seakan tidak pernah berhenti menyinari Bumi kita, tapi ternyata ia juga akan mati. Matahari umurnya akan habis dalam 5 miliar tahun mendatang.

Ketika Matahari kehabisan hidrogen dan menjadi raksasa merah kita dapat mengamati hal itu tampak seperti nebula planeter IC 289.

Nebula planeter IC 289 terletak di konstelasi Cassiopeia dan berjarak sekitar 4200 tahun cahaya. Disebut nebula planeter karena pada zaman dahulu para astronom melihat objek seperti ini menggunakan teleskop yang kurang kuat sehingga mereka berpikir mereka melihat planet gas yang mengorbit bintang.

Sebenarnya wilayah ini hanya ditempati oleh awan gas yang terionisasi dan debu yang dilepaskan oleh bintang di tengah ketika bintang itu mulai sekarat.

Bintang pada nebula planeter IC 289 hampir sama dengan Matahari. IC 289 dapat menjadi contoh wujud matahari pada 5 miliar tahun mendatang ketika ia sekarat.

Seperti yang dijelaskan di atas, Matahari akan menjadi raksasa merah, akan terlalu panas bagi air untuk tetap berada di permukaan Bumi. Kita mungkin akan binasa pada saat itu.
Wujud Matahari Kita 5 Miliar Tahun Mendatang Wujud Matahari Kita 5 Miliar Tahun Mendatang Reviewed by Kontributor on 7/17/2013 12:48:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.