Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi Juli 2013

Fenomena Astronomi Juli 2013
Info Astronomy - Selamat datang bulan Juli! Juli ini ada fenomena-fenomena astronomi yang tidak kalah menarik dari bulan-bulan sebelumnya.

Apa saja fenomena itu? Penasaran? Yuk di simak.

5 Juli 2013: Aphelion Bumi
Aphelion adalah titik orbit terjauh Bumi dari Matahari. Ketika berada di aphelion, jarak kita dengan matahari adalah 152 juta kilometer dari Matahari.

5 Juli 2013: Bintang Aldebaran 3.4°S dari Bulan
Mungkin ini tidak terlalu spesial, namu jarang terjadi. Bintang Aldebaran, raksasa merah, berdekatan dengan Bulan. Walaupun dikatakan berdekatan, bukan berarti keadaan sebenarnya benar-benar dekat di luar angkasa. Pendekatan ini terlihat dari seluruh Bumi.

9 Juli 2013: Konjungsi Inferior Merkurius
Matahari-Merkurius-Bumi akan berada pada 1 garis lurus. Karena orbit tata surya tidak benar-benar lurus, maka tidak akan terjadi transit Merkurius. Merkurius tidak akan terlihat di langit Bumi pada 9 Juli mendatang.

15 Juli 2013: Spica 0.3°S dari Bulan
Bulan Separuh pada 15 Juli 2013 akan ditemani bintang biru bernama Spica. Setelah sebelumnya ditemani Aldebaran. Kenampakan Spica akan berada 0.3° di selatan Bulan.

16 Juli 2013: Saturnus 3.3°U dari Bulan
Setelah sebelumnya Bulan hanya ditemani Spica, pada 16 Juli 2013 Planet Saturnus, planet cincin termegah di tata surya, juga akan menemani Bulan. Anda dapat melihat Saturnus yang menyerupai bintang kuning tak berkerlap-kerlip di langit.

21 Juli 2013: Bulan di Perigee: 358.402 km
Bulan akan nampak besar karena berada di titik terdekat dengan Bumi. Namun besarnya Bulan pada 21 Juli masih kalah dengan Supermoon pada 23 Juni 2013 lalu.

22 Juli 2013: Bulan Purnama
Bulan Purnama akan muncul pada senja 22 Juli 2013 dan tenggelam saat matahari akan terbit pada keesokan harinya 23 Juli 2013 di langit barat.

27 Juli 2013: Hujan Meteor Delta-Aquarid
Hujan meteor? Pada 27 Juni 2013 lalu, juga terjadi hujan meteor, apa Anda berhasil melihatnya? Jika tidak, masih ada kesempatan untuk melihat hujan meteor yang akan terjadi pada 27 Juli 2013 di rasi bintang Aquarius mulai tengah malam hingga terbit fajar.

Selamat mengobservasi!