Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Seperti Apa Stasiun Luar Angkasa Itu?

Seperti Apa Stasiun Luar Angkasa Itu?
Seperti Apa Stasiun Luar Angkasa Itu?
Stasiun Luar Angkasa Internasional di orbit Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Ide pertama kali mendirikan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berasal dari Amerika Serikat.

Pada tahun 1984, Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan, mendukung upaya pembentukan stasiun luar angkasa di mana orang-orang dapat tinggal dan mengadakan penelitian luar angkasa. Dia yakin kalau rencana ini bisa diwujudkan dengan kerja sama internasional.

Melalui ajakan Amerika Serikat, negara-negara Eropa setuju untuk bergabung dalam misi ini pada tahun 1985, kemudian diikuti oleh Kanada dan Jepang.

Pada tahun 1993, Rusia setuju untuk ikut bergabung. Saat ini, dengan 15 negara anggota yang tergabung, proyek ini benar-benar terwujud menjadi proyek berskala dunia.

Negara-negara yang bekerja sama antara lain: Amerika Serikat, Rusia, Kanada, Jepang, Kerajaan Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia, Denmark, Norwegia dan Swedia.

ISS adalah satelit yang ditinggali oleh 7 orang astronot yang melakukan percobaan di luar angkasa. ISS terdiri atas "Modul-modul Percobaan", di mana para astronot bekerja dan melakukan percobaan, dan "ruang tinggal" di mana para astronot hidup sehari-hari.

ISS juga memiliki "Panel Surya" yang menyediakan sumber energi listrik, dan "Sistem Kendali Jarak jauh", yang berguna untuk membantu pekerjaan yang dilakukan di luar Stasiun.

Luas ISS mendekati 108.5 meter x 72.8 meter. Ukuran ini sedikit lebih besar dari ukuran lapangan sepak bola.

Berat ISS yang telah mencapai 450 ton. Jika sebuah mobil memiliki berat 1 ton, maka ISS memiliki berat 450 kali berat sebuah mobil.

ISS yang sangat besar hingga tidak mungkin diluncurkan hanya oleh satu roket. Oleh karena itu, ISS dibagi menjadi beberapa bagian (modul) dan diluncurkan dengan menggunakan roket Proton Rusia dan pesawat luar angkasa AS.

Untuk meluncurkan itu semua ke ISS diperlukan 40 penerbangan. Setiap kali diluncurkan suatu bagian, maka bagian tersebut akan dirangkai hingga membentuk Stasiun Luar Angkasa yang sangat besar.

Penyatuan bagian-bagian ISS telah mulai dilakukan. Peluncuran pertama dilakukan pada tanggal 20 November 1998 dan telah selesai pada tahun 2010.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.