Robot Opportunity Ulang Tahun ke-10 di Mars

Robot penjelajah Mars Opportunity milik NASA memotret dirinya sendiri di Planet Mars. Kredit: NASA
Info Astronomy - 10 tahun yang lalu, robot penjelajah milik Amerika Serikat, NASA Opportunity diluncurkan ke planet merah.

Opportunity, yang ternyata memiliki daya untuk hidup di planet Mars lebih lama dari misi resminya, telah menjelajahi planet Mars sejauh 2 kilometer dari posisi awal ia mendarat.

7 Juli 2003 tepatnya, robot penjelajah ini diluncurkan bersama dengan saudaranya yakni bernama Spirit. Meluncur tahun 2003, keduanya mendarat di Mars pada Januari 2004. Sejak saat itu mereka mulai meneliti selama 3 tahun.

Keduanya telah berjalan sejauh 35 kilometer di Mars, memecahkan rekor mengemudi Amerika Serikat yang sebelumnya dipegang oleh astronot Gene Cernan dan Harrison Schmitt yang mengendarai Apollo 17 di permukaan Bulan sejauh 34 kilometer pada Desember 1972.

Jika Opportunity tetap kuat menjelajahi Planet Mars sampai beberapa tahun kedepan, ia juga akan memecahkan rekor dunia terkait pengendaraan luar planet yang saat ini masih dipegang oleh Rusia dengan robot penjelajah Bulannya, Lunokhod 2.

Dan Opportunity bukanlah satu-satunya robot penjelajah Mars milik NASA. Ada Curiosity yang mendarat di planet Mars sejak Agustus 2012 lalu.