Planet Venus Bertemu Bulan Sore Ini

Planet Venus Bertemu Bulan Sore Ini
Planet Venus Bertemu Bulan Sore Ini. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Pemandangan yang biasa namun jarang terjadi akan dapat Anda amati sore ini selepas Matahari terbenam di langit Barat.

Konjungsi antara Venus-Bulan-Bumi terjadi sore ini. Alhasil, Venus -- planet kedua di tata surya -- berada di dekat Bulan sekitar 5,9° di Utaranya.

Pemandangan mempesona ini mulai bisa diamati pada pukul 17.30 waktu setempat. Pengamatan terbaik adalah mulai pukul 18.30 hingga 19.00 waktu setempat lokasi Anda berada.

Tidak perlu alat bantu seperti teleskop, cukup dengan mata telanjang saja.

Bulan yang hari ini masuk dalam fase sabit muda akan menampakan dirinya dengan magnitudo -5,77 sedangkan planet Venus akan terlihat bagai bintang kuning yang paling cemerlang dengan magnitudo -2,5.

Magnitudo atau kadang disebut skala kecerahan, skala magnitudo bermakna semakin besar angka magnitudo maka kecerahan objek langit tersebut akan semakin besar. Semakin kecil nilai magnitudo maka tingkat energi yang diterima kita di Bumi akan semakin besar.

Fenomena ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali. Mungkin saat artikel ini ditulis, wilayah Indonesia Timur sudah dapat mengamatinya.

Untuk menemukan keduanya, carilah posisi yang lebih tinggi dari sekitar. Lantai 2 rumah misalnya. Bulan dan Venus sangat mudah dikenali dan dilihat, asalkan cuaca cerah tanpa awan di horizon.
Planet Venus Bertemu Bulan Sore Ini Planet Venus Bertemu Bulan Sore Ini Reviewed by Kontributor on 7/10/2013 04:44:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.