Mendekati Bumi, Komet ini Ditemukan Astronom Amatir

Mendekati Bumi, Komet ini Ditemukan Astronom Amatir
Komet C/2013 N4 (Borisov). Kredit: Info Astronomy
Info Astronomy - Astronom amatir Ukraina, Gennady Borisov berhasil menemukan komet baru pada tanggal 8 Juli 2013 dekat bintang terang Capella di konstelasi Auriga.

Pada tanggal 13 Juli, komet ini dikonfirmasi dan diberi nama resmi C/2013 N4 (Borisov). Pada saat penemuan, Borisov menghadiri acara Russian-Ukrainian “Southern Night” star party di Krimea, Ukraina. Komet ini pertama kali terlihat dengan menggunakan teleskop 8-inci (20-cm) f/1.5 desain sendiri dan dilengkapi dengan kamera CCD.

Komet baru ini berada di sisi samar dan terlihat sangat kecil dan memiliki magnitudo 13. Untuk dapat melihat komet ini,anda setidaknya memerlukan teleskop 10 inchi (25 cm) dan bangun sebelum fajar.

Alasan kenapa harus dilihat sebelum fajar terbit karena lokasi komet ini di Auriga, konstelasi yang tidak akan terlihat jelas sampai sesaat sebelum fajar terbit.

C/2013 N4 melintas di Auriga tidak jauh dari titik yang mudah terlihat tanpa menggunakan alat bantu, yakni bintang Beta Auriga dan perlahan-lahan akan cerah saat mendekati perihelion - titik terdekat dengan matahari - pada tanggal 20 Agustus pada jarak 113.500.000 mil (182.700.000 km).

Mendekati Bumi, Komet ini Ditemukan Astronom Amatir
Letak komet Borisev dijelajah lewat perangkat Stellarium. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Sayangnya elongasi atau pemisahan dari matahari akan perlahan-lahan memperkecil komet ini dalam beberapa minggu mendatang, menyebabkan komet ini turun lebih rendah di langit saat mendekati perihelion.

Komet ini akan melintas dengan aman dekat Bumi dengan jarak 310.000.000 kilometer dari Bumi pada tanggal 11 Agustus 2013. Kemungkinan Komet Borisov tidak akan lebih terang dari magnitudo 12.

Akhir-akhir ini banyak objek-objek langit seperti komet dan asteroid yang ditemukan para astronom profesional dengan menggunakan teleskop robot yang terhubung ke kamera sensitif dan komputer.

Daerah besar langit malam yang bersih di pantau.Jika kabur, objek bergerak terdeteksi oleh komputer, astronom disiagakan, tindak lanjut pengamatan dibuat dan objek baru menerima surat, nomor dan nama survei.

Itulah mengapa ada sejumlah komet dalam 15 tahun terakhir menggunakan nama-nama seperti LINEAR (Lincoln Near-Earth Asteroid Survey), Pan-STARRS (Panoramic Survey Telescope & Rapid Response System), LONEOS (Observatorium Lowell Near-Earth Object-Search) dan lain-lain.

Berkat ketekunan, rencana cerdas dan mata yang tajam, Gennady Borisov akhirnya membuat penemuan di langit. Bagaimana dengan Anda?
Mendekati Bumi, Komet ini Ditemukan Astronom Amatir Mendekati Bumi, Komet ini Ditemukan Astronom Amatir Reviewed by Kontributor on 7/15/2013 12:10:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.