Ayo Amati Galaksi Bima Sakti Malam Ini!



Melihat galaksi Bima Sakti di langit. Kredit: Sandar Yunan

Info Astronomy - Galaksi Bima Sakti (Bahasa Inggris: Milky Way) adalah galaksi spiral yang besar termasuk dalam tipe Hubble SBbc dengan total masa sekitar 10^12 massa matahari, yang memiliki 200-400 miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya.


Bumi kita terletak di galaksi Bima Sakti ini, dan kita berada di Bumi yang terletak di galaksi Bima Sakti. Bingung?

Banyak foto-foto di internet (yang mungkin Anda pernah lihat), menyatakan jika bentangan Bima Sakti terlihat dari Bumi. Bagaimana mungkin Bima Sakti terlihat dari Bumi padahal kita berada di Bima Sakti?

Analoginya adalah, kita bisa melihat dinding rumah padalah kita berada di dalam rumah. Sebelum Anda baca lebih jauh, mungkin yang Anda pikirkan adalah Bima Sakti yang dilihat dari Bumi adalah seperti ini:

Melihat Galaksi Bima Sakti, Bagaimana Caranya?
Galaksi Andromeda di langit Bumi. Kredit: NASA
Foto di atas merupakan foto Galaksi Andromeda, bukan Bima Sakti. Pemandangan Bima Sakti dari Bumi adalah seperti foto pertama di atas.

Di mana lokasi untuk mengamati Bima Sakti?
Kembali lagi, karena Bumi berada di dalam Bima Sakti, jadi jawabannya adalah seluruh wilayah Bumi dapat mengamati Bima Sakti.

Namun, walau dikatakan seluruh wilayah Bumi, tidak semua langit mendukung untuk pengamatan. Contohnya Jakarta, langitnya sudah terlalu tercemar polusi cahaya sehingga (sangat) sulit mengamati Bima Sakti.

Lain halnya jika Anda tinggal di pedesaan atau wilayah yang langitnya bisa melihat setidaknya 1000 bintang. Bima Sakti akan nampak membentang dari satu arah langit ke arah langit lawannya. Contohnya dari Barat ke Timur.

Saya di desa, kenapa saya tidak melihatnya? Penipu!
Seharusnya, mengamati di pedesaan akan sangat jelas kenampakan Bima Sakti-nya. Namun, jika langit pedesaan Anda juga tidak bagus, cara lainnya adalah memotretnya.

Mengamati Bima Sakti tidak bisa jika hanya menggunakan mata telanjang saja jika langit kotor. Anda membutuhkan kamera untuk memotretnya, tentu saja dengan teknik fotografi yang mumpuni.

Pengaturan kamera untuk memotret Bima Sakti:
  1. Gunakan diafragma terbesar di kamera Anda, misal : F/2.8 atau F/3,5
  2. Gunakan speed terendah, dalam hal ini 30 detik. Jangan gunakan speed melebihi 30 detik, seperti 40s, 60s atau 90s, karena semakin lama rana terbuka, membuat bintang kelihatan bergaris (seperti motret star trail ).
  3. Gunakan cable release dan tripod utk menghindari gambar jadi blur.
  4. Gunakan ISO maksimal 1250.
  5. Hindari menggunakan format JPEG, tapi gunakan format RAW untuk motret Bima Sakti, supaya fotonya lebih tajam/bagus dan enak untuk diedit nanti di PS atau di Lightrrom.
  6. Gunakan manual fokus dan infinity untuk mendapatkan tajam maksimal.
  7. Mulailah memotret.
Karena kita berada di daerah khatulistiwa, saat yg paling bagus untuk motret Bima Sakti adalah sekitar bulan Agustus hingga Oktober. Di bulan-bulan ini lah pusat Bima Sakti tepat berada di belakang rasi Sagitarius.
Ayo Amati Galaksi Bima Sakti Malam Ini! Ayo Amati Galaksi Bima Sakti Malam Ini! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/21/2014 09:47:00 AM Rating: 5

2 komentar

  1. tulisan yg bagus dan mudah dicerna :)

    BalasHapus
  2. Dulu ane juga berpikiran begitu, kan teknologi belum mampu keluar galaksi untuk memotret Si Bima Sakti secara keseluruhan kayak Andromeda.
    Tapi setelah dilogika, memang piringan galaksi kita tampak membentang dan memanjang. apalagi tata surya kita terletak di piringan spiralnya, sehingga lebih mudah untuk kalibrasi bentuknya.

    BalasHapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.