Lihat Jupiter dan Mars Berdekatan Setelah Sahur

Lihat Jupiter dan Mars Berdekatan Setelah Sahur
Kenampakan Mars dan Jupiter. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Planet Mars dan planet Jupiter akan berdekatan di langit fajar. Mulai 21 Juli 2013 hingga 22 Juli 2013, mereka akan berdekatan 1 derajat di langit.

Fenomena ini dinamakan konjungsi. Matahari, Mars dan Jupiter akan berada dalam satu garis lurus di tata surya.

Mars akan bersinar merah dekat Jupiter yang berwarna kuning keputihan di langit timur mulai pukul 05.00 waktu setempat. Cocok bagi Anda yang sehabis sahur ingin berolahraga pagi sambil melihat benda langit.

Memang dibutuhkan alat bantu untuk mengamatinya, tujuannya hanya untuk memperjelas. Namun, mengamati dengan mata telanjang juga sangat menarik.

Pastikan langit cerah saat itu dan pemandangan horizon di wilayah Anda bebas dari gedung atau perumahan. Mars dan Jupiter akan nampak bagai bintang di mata Anda.

Jangan kaget jika Anda melihat Mars dan Jupiter hanya seperti titik biasa, itu karena mereka jaraknya jauh. Mars berjarak 2,4 SA sedangkan Jupiter berjarak 6 SA dari Bumi. 1 SA = 150.000.000 kilometer.

Selamat mengamati!
Lihat Jupiter dan Mars Berdekatan Setelah Sahur Lihat Jupiter dan Mars Berdekatan Setelah Sahur Reviewed by Kontributor on 7/20/2013 04:17:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.