Ledakan Bintang di Galaksi M74 Baru Saja Ditemukan

Ledakan Bintang di Galaksi M74 Baru Saja Ditemukan
Posisi galaksi M74. Kredit: Skyandtelescope
Info Astronomy - Astronom mengonfirmasi bahwa mereka telah menemukan ledakan bintang di galaksi cerah spiral M74.


Menggunakan teleskop robot di puncak Gunung Hamilton di California, tim Lick Observatory Supernova Search mengumumkan adanya ledakan bintang tersebut.

Tim mengumumkan bahwa muncul pijaran melalui teleskop dengan kekuatan magnitudo 13,5 yang ditemukan sekira 2.7 arcminutes dari inti galaksi pada 25 Juli 2013. Sejak deteksi awal, ledakan tersebut berangsur redup sekira kekuatan magnitudo 12,8.

Ilmuwan menjelaskan, ledakan menunjukkan adanya rangkaian sinar biru dengan garis emisi Balmer dari atom hidrogen yang khas dari tipe muda supernova II. Ini menandakan ledakan tersebut dihasilkan ketika sebuah bintang masif tunggal runtuh ke dalam inti yang tidak stabil dan meledak.

Ledakan Bintang di Galaksi M74 Baru Saja Ditemukan
Letak ledakan bintang di galaksi M74. Kredit: NASA
Galaksi Messier 74 (M74) ini merupakan galasi spiral yang relatif cerah dengan jarak 30 juta tahun cahaya. Banyak pengamat perbintangan di seluruh dunia telah merekam supernova yang berada di area tertentu pada inti galaksi tersebut.

Galaksi M74 juga telah ditargetkan lebih dari sekali oleh teleskop luar angkasa Hubble. Rubab Khan (Ohio State University) melaporkan bahwa Spitzer Space Telescope dengan pengamatan inframerah menunjukan sebuah bintang kandidat dalam lokasi supernova yang kabarnya lebih cerah 30 ribu kali lipat daripada matahari.

Terletak di Observatorium Lick, teleskop Kait adalah reflektor dengan ukuran panjang 0,76 meter yang didedikasikan untuk memindai langit setiap malam guna mencari ledakan bintang. Sejak 1998, teleskop ini telah menangkap 900 supernova atau ledakan bintang.
Ledakan Bintang di Galaksi M74 Baru Saja Ditemukan Ledakan Bintang di Galaksi M74 Baru Saja Ditemukan Reviewed by Kontributor on 7/29/2013 07:48:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.