Lambaikan Tangan, Bumi Akan Dipotret dari Saturnus Malam Ini

NASA mengajak publik melambaikan tangan karena Bumi akan dipotret dari Saturnus. Kredit: NASA
Info Astronomy - Malam ini, atau tepatnya Sabtu (20/7/2013) dini hari nanti, Bumi dan manusia akan dipotret dari Saturnus oleh wahana antariksa Cassini. Bumi mungkin hanya akan tampak sebagai titik kecil dan manusia tentu takkan kelihatan sama sekali.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menamai momen pemotretan Bumi dari Saturnus ini sebagai The Day the Earth Smiled. NASA dengan tagline Wave at Saturn mengajak seluruh warga Bumi untuk melambaikan tangan ke arah Saturnus saat Cassini memotret Bumi nanti.

Berasarkan keterangan di situs NASA, Kamis (18/7/2013), Cassini akan memotret Bumi, Sabtu dini hari antara pukul 04.27 WIB hingga 04.47 WIB, dari sahur hingga sesaat setelah imsak. Cassini akan berupaya memotret Bumi, Saturnus, dan cincin Saturnus dalam satu frame.

Dengan Cassini yang kini tengah mengorbit planet bercincin itu, pemotretan Bumi akan berlangsung dari jarak 1,44 miliar kilometer, atau 10 kali lipat jarak Bumi-Matahari. Bila Cassini berhasil, foto yang dihasilkan akan menjadi salah satu foto Bumi paling spektakuler.

Bumi juga akan dipotret dari Merkurius

Tak cuma dari Saturnus, Jumat (19/7/2013) hari ini dan Sabtu (20/7/2013) besok, NASA juga akan memotret Bumi dari Merkurius.

Pemotretan Bumi dari Merkurius akan dilakukan oleh wahana antariksa Mercury Surface, Space Environment, Geochemistry, and Ranging (Messenger) yang kini tengah mengorbit planet tersebut.

Dikutip dari keterangan di situs web NASA, Kamis (18/7/2013), pemotretan dimungkinkan karena secara kebetulan Messenger yang tengah mencari satelit Merkurius sedang menghadap Bumi.

Pemotretan Bumi dari Merkurius nantinya akan dilakukan sekitar pukul 18.49, 19.30, dan 20.41 WIB, baik pada hari Jumat maupun Sabtu.

Mengingat adanya Messenger yang juga akan memotret Bumi dari Merkurius, ada baiknya bila juga melambaikan tangan ke planet terdekat dari tata surya itu.

Menurut NASA, Messenger akan menampilkan wajah Bumi yang tak bisa ditampilkan oleh Cassini, yakni wilayah Asia Tengah, Eropa, dan Timur Tengah.

Messenger adalah wahana NASA yang mulai mengorbit Merkurius pada 17 Maret 2011. Wahana ini bertugas menguak misteri lingkungan Merkurius.

Meski baru dua tahun mengorbit, Messenger telah mampu menyuguhkan fakta menarik tentang Merkurius. Messenger membuktikan bahwa Merkurius juga punya kawah tumbukan dan bahkan es.

Beberapa citra Bumi dari jarak miliaran kilometer telah dihasilkan. Seperti apa wajah Bumi bila dilihat dari Merkurius dan Saturnus nanti? Kita tunggu saja.
Lambaikan Tangan, Bumi Akan Dipotret dari Saturnus Malam Ini Lambaikan Tangan, Bumi Akan Dipotret dari Saturnus Malam Ini Reviewed by Kontributor on 7/19/2013 04:02:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.