Konstelasi Orion Terlihat Lagi (di Langit Bumi)

Konstelasi Orion terlihat lagi (di langit Bumi)
Letak konstelasi Orion di langit pada 10 Juli 2013. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Sejak awal bulan Juni 2013 lalu, konstelasi atau rasi bintang paling terkenal, Orion, tidak dapat dilihat di langit Bumi. Ya, Orion berada di langit siang Bumi.

Namun, pertengahan Juli ini, Orion kembali hadir. Pengamatan Orion paling baik adalah pada pukul 05.00 waktu setempat mulai 10 Juli hingga 21 September. Setelahnya, Orion akan berada di langit atas pada tengah malam.

Orion atau Waluku ("Bintang Bajak"), adalah suatu rasi bintang yang sering disebut-sebut sebagai sang Pemburu. Rasi ini mungkin merupakan rasi yang paling terkenal dan mudah dikenali di angkasa.

Orang Jawa mengenal bagian deretan tiga bintang sabuk (ζ,ε, dan δ) dan deretan tiga bintang pedang (M43, M42, dan ι) sebagai deretan bintang Belantik atau Beluku. Bintang-bintang terangnya terletak pada ekuator langit dan terlihat dari seluruh dunia, sehingga membuat rasi ini dikenal secara luas.

Orion sang pemburu berdiri di sebelah sungai Eridanus dengan dua anjing pemburunya, Canis Major (anjing besar) dan Canis Minor (anjing kecil), melawan Taurus, sang kerbau. Buruan lainnya seperti Lepus, si kelinci, juga ada di dekatnya.

Nebula Orion

Sebuah pedang tergantung pada sabuk Orion, terdiri dari bintang ganda θ1 dan θ2 Orionis, yang disebut Trapezium dan Nebula Orion (M42) yang dekat.

Objek ini adalah objek yang spektakuler yang dapat diidentifikasi dengan jelas oleh mata telanjang sebagai suatu benda yang bukan merupakan bintang; menggunakan binokuler, kita bisa mengamati kabut yang berputar di sekitar bintang-bintang cerahnya, gas yang bercahaya, dan debu.

Nebula lain yang terkenal adalah IC 434, Nebula Kepala Kuda, dekat ζ Orionis. Nebula ini terdiri dari awan debu gelap yang dari bentuk digunakan untuk menamai nebula ini.

Di samping nebula-nebula ini, mengamati Orion dengan teleskop kecil akan memperlihatkan banyak objek langit jauh yang menarik.

Di dekat Orion saat sekarang ini juga ada Planet Jupiter. Jika langit mendukung, Anda dapat menemukan Jupiter yang nampak sebagai bintang kuning tak berkedip cahayanya.