Kenampakan Bumi di Langit Planet-planet Lain

Bumi dilihat dari Bulan. Kredit: NASA
Info Astronomy - Mengamati planet-planet seperti Venus datau Jupiter di langit Bumi mungkin sudah biasa kita lakukan tiap malam. Mereka hadir bagai bintang padahal ukurannya besar.

Bagaimana jika Bumi yang dilihat dari planet-planet lain yang sering kita lihat dari planet Bumi ini? Apakah akan seperti bintang juga? Tentu saja.

Kami menggunakan piranti lunak Stellarium untuk melihat bagaimana kenampakan Bumi dari Merkurius, Venus, Mars, dan Jupiter. Untuk Saturnus, kami menggunakan foto "Pale Blue Dot".

Berikut foto-fotonya:

1. Merkurius

Bumi dari Merkurius
Bumi dari Merkurius. Kredit: Stellarium
Penampakan Bumi di Planet Merkurius adalah seperti bintang paling cemerlang di langit. Bumi akan terlihat lebih cepat bergerak dibanding bintang-bintang di sekelilingnya, ini dikarenakan rotasi Merkurius yang lambat.

2. Venus

Bumi dari Venus
Bumi dari Venus. Kredit: Stellarium
Berebeda dengan kenampakannya di Merkurius, jika di Venus akan lebih spektakuler lagi. Jika kita melihat Venus dari Bumi, Venus akan nampak bagai bintang paling cemerlang, begitupun sebaliknya.

Yang membuat lebih menakjubkan lagi, jika dilihat dari Venus maka tidak hanya Bumi yang bisa dilihat, Bulan kita juga.

3. Mars

Bumi dari Mars
Bumi dari Mars. Kredit: Stellarium
Jika kita sering melihat planet Mars di langit Bumi, maka yang terlihat adalah bintang berwarna merah. Di Mars, Bumi akan nampak sebagai bintang berwarna biru. Sungguh indah sekali.

4. Jupiter

Bumi dari Jupiter
Bumi dari Jupiter. Kredit: Stellarium
Sangat sulit mengamati Bumi dari Jupiter, hal ini disebabkan karena Bumi adalah planet dalam. Kenampakan Bumi dari Jupiter akan sulit dilakukan karena Bumi selalu berada di dekat Matahari.

Kalaupun berhasil melihat, Bumi akan nampak kecil dengan warna biru lautnya.

5. Saturnus

Bumi dari Saturnus
Bumi dari Saturnus. Kredit: NASA Cassini
Bumi dari Saturnus hampir sama dengan Bumi dari Jupiter, akan selalu dekat dengan Matahari. Namun Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini berhasil mengabadikannya.

NASA menggunakan wahana antariksa tanpa awak bernama Cassini berhasil memotret Bumi dari Saturnus. Pada foto di atas terlihat Bumi sangat kecil tak ada apa-apanya.

Bagaimana kenampakan Bumi dari Uranus dan Neptunus? Bumi akan terlalu redup jika diamati di langit kedua planet itu, walaupun tidak terganggu polusi.