Bulan Purnama pada jarak 360.000 kilometer. Kredit: 22 Words
Info Astronomy - Anda pasti pernah melihat penampakan Bulan seperti pada foto di atas, sudah sangat umum pemandangan yang seperti itu. Jarak rata-rata Bulan ke Bumi adalah 360.000 kilometer.

Apa jadinya jika 7 planet anggota tata surya berada pada jarak rata-rata Bulan ke Bumi? Tentu akan terlihat besar. Ada yang memandanginya dengan penuh kekaguman atau bisa saja ada yang takut untuk sekadar membuka jendela rumah untuk melihatnya.

Memang sepertinya tidak akan mungkin hal itu dapat terjadi, namun mari kita lihat dulu bagaimana jika semua itu terjadi. Inilah suasana langit jika 7 planet sejarak Bulan.

Dimulai dari Planet Merkurius, ia akan nampak seperti ini jika berada pada jarak rata-rata Bulan ke Bumi:
Klik untuk memperbesar
Bagaimana dengan Planet Venus? Planet dengan julukan Bintang Kejora ini mungkin akan menjadi Matahari di malam hari:
Klik untuk memperbesar
Planet merah alias Mars juga akan lebih besar, dahulu sempat ada pemberitaan bohong jika Mars akan berada pada jarak yang sama dengan Bulan kita.
Klik untuk memperbesar
Nah, kali ini kita akan melihat bagaimana jika planet terbesar di tata surya, Jupiter, berada di jarak 360.000 kilometer.
Klik untuk memperbesar
Setelah Jupiter, kita akan melihat ilustrasi planet dengan cincin terspektakuler di tata surya alias Saturnus.
Klik untuk memperbesar
Uranus, planet gas yang namanya sering diplesetkan menjadi Your Anus ini terlihat sangat menawan, bagi yang tidak takut tentunya.
Klik untuk memperbesar
Terakhir, planet Neptunus. Nama Neptunus diambil dari nama Dewa Lautan karena warna permukaannya biru bagai lautan.
Klik untuk memperbesar
Bagaimana? Seru dan bisa bikin bulu kuduk berdiri kan jika hal di atas benar-benar terjadi?