Inilah Nama Resmi Baru 2 Satelit Alami Pluto

Pluto dan 5 satelit alaminya. Kredit: NASA
Info Astronomy - Resmi! 2 satelit alami mungil milik planet katai Pluto memiliki nama baru, masing-masing Styx dan Kerberos.

International Astronomical Union (IAU) -- organisasi yang memberi nama pada objek luar angkasa -- telah menyetujui nama Styx dan Kerberos untuk mengganti nama 2 satelit alami Pluto yang sebelumnya disebut P4 dan P5.


IAU memilih 2 nama tersebut berdasarkan hasil dari perolehan suara dari SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence).

Para ilmuwan NASA menggunakan teleskop luar angkasa Hubble untuk menemukan Styx di sekitar Pluto pada  tahun 2012. Hubble juga membantu ilmuwan menemukan Kerberos pada 2011. Keduanya memiliki diameter 20 sampai 30 kilometer.

Semuanya, kini ada 5 satelit alami yang mengorbit Pluto. Charon, adalah yang terbesar, ditemukan pada tahun 1978. Dua lainnya, Nix dan Hydra, juga ditemukan oleh Hubble pada tahun 2005.

Para ilmuwan akan mendapatkan citra terbaik dari sistem keplanetan Pluto ini pada 2015, saat wahana antariksa NASA New Horizon sampai di orbit Pluto. New Horizon diluncurkan 2007 silam.
Inilah Nama Resmi Baru 2 Satelit Alami Pluto Inilah Nama Resmi Baru 2 Satelit Alami Pluto Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/03/2013 08:41:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.