Hujan Meteor Perseid, Terbaik Tahun Ini di Agustus 2013

Hujan Meteor Perseid, Terbaik Tahun Ini di Agustus 2013
Hujan meteor Perseid 2012 di New York, Amerika Serikat. Kredit: Non Stop
Info Astronomy - Fenomena hujan meteor sedang banyak terjadi pada Juli dan Agustus tahun 2013 ini. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, hujan meteor masih menjadi fenomena yang paling ingin ditonton warga Bumi.


Hujan meteor sering disalah artikan, banyak yang menganggap meteor-meteor tersebut berbahaya karena menghujani Bumi, atau ada juga yang berpikir jika hujan meteor seperti hujan air: kenampakannya intens.

Bagi Anda yang tidak berhasil melihat hujan meteor Delta Aquarid tadi malam (27/7), malam ini masih bisa mengamatinya. Baca di sini untuk info lengkap hujan meteor Delta Aquarid.

Lain halnya dengan Delta Aquarid, hujan meteor Perseid akan hadir pada 12 Agustus 2013. Hujan meteor ini disebut-sebut sebagai hujan meteor terbaik tahun ini.

Anda juga dapat mengamati hujan meteor Perseid. Caranya? Simak penjabarannya di bawah.


Tanggal 12 Agustus 2013 mendatang, rakyat Indonesia dapat menyaksikan fenomena alam yang langka. Di tanggal itu, kita bisa menyaksikan dengan mata telanjang hujan meteor Perseid.

Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan, hujan meteor ini sebenarnya sudah terjadi sejak tanggal 17 Juli lalu.

“Puncaknya tanggal 12 Agustus. Turunnya mulai dari tengah malam sampai subuh,” jelas Thomas, Selasa (23/7).

Wilayah mana saja yang dapat peristiwa ini? Menurutnya, masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia dapat melihat. Namun, syaratnya tidak terhalang bagunan, pohon, dan jauh dari polusi cahaya.

“Jika di tengah kota yang banyak lampu akan sulit melihatnya. Selain itu, cuacanya juga harus cerah,” katanya. Hujan meteor Perseid ini terjadi saat bumi berpapasan dengan gugusan debu-sebut sisa komet. Sehingga debu-debut tersebut masuk ke atmosfer dan terbakar lalu menampakkan sebagai meteor.

Ditambahkannya, pada 12 Agustus nanti akan jatuh 80 meteor ke Bumi setiap tiga menit.

Ikuti perkembangan berita ini pada update selanjutnya
Hujan Meteor Perseid, Terbaik Tahun Ini di Agustus 2013 Hujan Meteor Perseid, Terbaik Tahun Ini di Agustus 2013 Reviewed by Kontributor on 7/28/2013 03:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.