Curiosity Mendaki Gunung Planet Mars

Curiosity Mendaki Gunung Planet Mars
Robot Curiosity berpose dengan latar Gunung Sharp di Planet Mars. Kredit: NASA
Info Astronomy - Meski mundur dari jadwal yang sudah dijadwalkan, rover milik Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), Curiosity, menuju Mount Sharp di Mars.

Perjalanan dimulai Senin (8/7) dan diperkirakan memakan waktu perjalanan antara sembilan bulan hingga satu tahun.


Sebelumnya, pada Jumat (5/7), Curiosity melaju sejauh 18 meter dari Kawah Gale. Senin kemarin, jarak itu bertambah menjadi 40 meter. Secara keseluruhan, sejak rover ini mendarat di Mars pada 5 Agustus 2012 silam, ia sudah menempuh jarak 915 meter.

Curiosity mendarat di Kawah Gale, dekat garis ekuator Mars dan sudah menemukan lingkungan yang mampu menampung kehidupan. Penemuan-penemuan macam inilah yang membuatnya tertunda menuju Mount Sharp -- gunung yang penuh lapisan batu untuk dipelajari oleh para pakar.

Curiosity punya banyak tugas sebelum menyamai jarak yang ditempuh "kakak"-nya, Opportunity. Rover terakhir disebut berhasil menempuh perjalanan total sejauh 35 kilometer.

Selama tujuh bulan terakhir, Curiosity berhasil menyelidiki area yang disebut Yellowknife Bay. Lokasi yang disebut menarik secara geologi ini memberi bukti-bukti sains menakjubkan, seperti pernah adanya aliran air di Mars.
Curiosity Mendaki Gunung Planet Mars Curiosity Mendaki Gunung Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/11/2013 07:16:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.