Bulan Purnama 'Super' Muncul Lagi 22 Juli 2013

Bulan Purnama. Kredit: Riza Miftah Muharram
Info Astronomy - Bulan Purnama terakhir muncul pada 23 Juni 2013 lalu, dan pada saat itu disebut Supermoon. Pada 22 Juli 2013 mendatang, 'Supermoon' akan muncul lagi, namun berbeda.

Perbedaannya adalah, Supermoon pada 22 Juli nanti akan lebih kecil dibanding Supermoon pada 23 Juni 2013 yang telah kita saksikan bersama saat itu.

Bosan dengan Supermoon? Sebagian orang yang benar-benar pengamat langit mungkin berbeda pendapat dengan Anda. Pada 23 Juni 2013, Supermoon saat itu adalah yang terbesar tahun 2013.

Kenapa bisa terjadi Supermoon?

Karena Bulan berputar mengelilingi Bumi melalui orbitnya, maka akan terjadi yang namanya fase-fase Bulan. Fase Bulan untuk Supermoon sendiri dikhususkan untuk fase Bulan Purnama saja.

Nah, jika pada saat Bulan Purnama jarak Bulan kebetulan juga dekat dengan Bumi (disebut perigee), maka bisa disebut Supermoon. Supermoon sebenarnya bukan hal yang penting dalam astronomi.

Jam berapa Bulan Purnama yang terjadi pada 22 Juli 2013?

Langsung saja selepas Matahari terbenam arahkan pandangan Anda ke langit Timur, Bulan Purnama akan muncul di sana. Ia tidak diam karena ia berotasi terhadap Bumi.

Tentunya melihat Bulan bisa dilakukan dengan mata telanjang, tapi jika dengan alat bantu seperti teleskop mungkin akan lebih seru karena dapat sekaligus melihat kawah-kawah di Bulan.

Seluruh Indonesia dapat mengamatinya, kecuali cuaca sedang hujan. Kenapa? Karena awan hujan akan menutupi pandangan Anda ke Bulan Purnama.

Baca juga:
Bulan Purnama 'Super' Muncul Lagi 22 Juli 2013 Bulan Purnama 'Super' Muncul Lagi 22 Juli 2013 Reviewed by Kontributor on 7/13/2013 05:34:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.