Bulan Akan Berdekatan dengan Planet dan Bintang Pekan Ini

Bulan Akan Berdekatan dengan Planet dan Bintang Pekan Ini
Ilustrasi Bulan dan Spica yang berdekatan. Kredit: Starry Night
Info Astronomy - Jika Anda mengamati langit malam ini dan di kemudian hari, Anda mungkin berpikir keadaannya sama setiap malam. Sebenarnya tidak sama, perubahan selalu terjadi tiap malam secara konstan.

Bulan misalnya. Meskipun sebagian besar orang tahu bahwa Bulan mengelilingi Bumi, mereka mungkin tidak pernah melihat gerakan Bulan ini dengan mata mereka sendiri. Minggu ini kita mendapatkan kesempatan untuk melakukan hal itu.

Pada Minggu malam (14 Juli 2013), Bulan akan berada di sebelah kanan Bintang Spica di langit malam.

Pada Senin malam (15 Juli 2013), Bulan tidak lagi di kanan Spica, namun di atasnya. Bahkan, jika Anda tinggal di Amerika Tengah atau Afrika, bulan akan melewati tepat di depan Spica, hal ini disebut okultasi.

Pada Selasa malam (16 Juli 2013), Bulan akan tepat di bawah Planet Saturnus. Esok harinya pada Rabu malam (17 Juli 2013), Bulan akan di sebelah kiri Saturnus.

Mari kita kembali ke Senin malam, saat Bulan berdekatan dengan Spica. Ini tidak akan menjadi satu-satunya pertemuan astronomi malam itu. Jika Anda tidak tidur hingga dinihari, Anda akan melihat Mars dan Jupiter terbit satu jam sebelum matahari terbit.

Jika Anda melihat Mars dengan teleskop kecil, Anda akan melihat Mars dekat dengan salah satu gugus bintang paling terang di langit, Messier 35 di konstelasi Gemini.

Sekarang kita akan melihat bagaimana planet-planet bergerak juga. Karena mereka lebih jauh, mereka tampaknya bergerak jauh lebih lambat dari Bulan.

Beberapa hari yang lalu kita mengetahui bahwa Mars dan Jupiter tidak terlihat karena mereka bergerak di belakang matahari. Sekarang mereka telah muncul ke pagi senja untuk memulai penampakan mereka berikutnya di langit malam.

Jika Anda bangun pagi, mengamati mereka selama beberapa minggu ketika mereka berdekatan satu sama lain. Selepas pagi hari tanggal 22 Juli, mereka akan terpisah lagi.
Bulan Akan Berdekatan dengan Planet dan Bintang Pekan Ini Bulan Akan Berdekatan dengan Planet dan Bintang Pekan Ini Reviewed by Kontributor on 7/14/2013 11:10:00 AM Rating: 5

2 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.