Brr! Dinginnya Luar Angkasa

Ilustrasi. Kredit: Universe Today
Info Astronomy - Jika Anda bisa melakukan perjalanan dari satu planet ke planet lain, perjalanan antar bintang serta antar galaksi,anda akan berada jauh dari kehangatan bintang masuk kedalam kekosongan yang jauh dan dingin.

Lebih baik menggunakan sweter, tapi itu juga tetap akan dingin. Seberapa dingin kah luar angkasa?

Tidak seperti rumah, mobil, atau kolam renang, ruang hampa udara tidak memiliki suhu.

Suhu di luar angkasa akan diketahui jika kita menempatkan sesuatu diluar angkasa seperti batu atau astronot kemudian kita bisa mengukurnya.

Ingat, ada 3 cara untuk menghantarkan panas yakni: konduksi, konveksi dan radiasi.

Dengan memanaskan satu sisi batang logam maka sisi lainnya akan menjadi panas juga, itu lah yang disebut konduksi. Sirkulasi udara dapat mentransfer panas dari satu ruangan ke sisi ruangan yang lainnya, itulah yang disebut konveksi. Tapi di ruang hampa udara, satu-satunya cara panas dapat merambat adalah dengan radiasi.

Energi foton bisa diserap semua benda dan memanaskannya. Pada saat yang sama, radiasi foton akan memancar menjauh.

Jika objek menyerap foton lebih banyak dari yang dipancarkan, maka objek itu akan panas. Tapi jika objek itu menerima foton lebih sedikit dan memancarkannya lebih banyak, maka objek itu akan dingin.

Ada titik teoritis di mana Anda tidak dapat mengambil lebih banyak energi dari sebuah objek, kemungkinan ini adalah suhu minimum yang disebut nol mutlak.

Mari kita melihat yang dekat dengan rumah kita, di orbit sekitar planet ini, di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Sepotong logam terbuka di ruang angkasa, di bawah sinar matahari terus-menerus bisa mendapatkan panas dua ratus enam puluh (260) derajat Celcius.

Kondisi ini berbehaya bagi astronot yang bekerja di luar ISS. Jika mereka harus menangani logam terbuka, mereka membungkusnya dalam lapisan khusus atau selimut untuk melindungi diri mereka sendiri.

Namun, di tempat teduh, objek itu akan dingin dan suhunya turun ke bawah -100 derajat Celsius. Astronot dapat mengalami perbedaan besar suhu antara sisi menghadap Matahari, dan sisi dalam bayangan. Pakaian antariksa mereka akan mengatasi hal ini dengan menggunakan sistem pemanas dan pendingin.

Mari kita bicara lebih jauh keluar. Ketika Anda melakukan perjalanan jauh dari Matahari, suhu suatu benda dalam ruang angkasa akan merosot. Suhu permukaan Pluto bisa serendah -240 Celcius, hanya 33 derajat di atas nol mutlak.

Dan jika anda pergi lebih jauh keluar dari segala sesuatu di alam semesta, Anda tidak pernah bisa lebih rendah dari suhu minimal yang hanya 2,7 Kelvin atau -270,45 Celcius.

Ini adalah temperatur gelombang mikro kosmik latar belakang radiasi, yang meresapi seluruh alam semesta. Di luar angkasa,dingin seperti itu adalah hal yang biasa.