Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Apakah Alien dan UFO Itu Ada?

Apakah Alien dan UFO Itu Ada?

Pertanyaan dari Amalia Suci Purwanti:
Apakah alien atau UFO itu ada? Jika tidak ada kenapa banyak sekali foto-foto tentang penggambaran makhluk yg bernama alien. Apakah foto itu hanya ilustrasi semata atau memang benar2 nyata? Terima kasih.

Apakah Alien dan UFO Itu Ada?
UFO. Kredit: USD
Info Astronomy - Sebelumnya, mari kita ketahui dulu apa itu alien dan UFO. Iya, mereka berbeda dari segi arti dan wujudnya.

Alien, adalah sebutan untuk makhluk ekstra-terestrial atau makhluk luar Bumi. Kenampakannya memang belum ditemukan oleh manusia namun tanda-tandanya sudah.

Sebentar, jangan berpikir jika tanda-tanda itu adalah tanda alien yang banyak digambarkan selama ini; badan kurus tinggi dengan kepala botak yang lonjong lengkap dengan mata besarnya.


Tanda-tanda keberadaan tersebut bersumber dari penjelajahan robot canggih milik Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA). Curiosity namanya. Curiosity baru-baru ini menemukan tanda kehidupan mikroba pada masa lalu di Planet Mars.

Kenapa di Planet Mars? Karena memang NASA mendaratkan Curiosity di planet merah tersebut sejak Agustus 2012 lalu.

Apa tanda kehidupan yang ditemukan Curiosity di Planet Mars?

Tanda kehidupan diketahui ketika robot Curiosity melakukan pengalian terhadap bubuk dari batu di Mars.

Dari hasil pengalian itu, NASA menganalisa bubuk hasil galian ternyata bubuk itu banyak mengandung belerang, sulfur, nitrogen, hidrogen, oksigen, fosfor dan karbon, yang disebut NASA sebagai unsur-unsur kimia utama untuk adanya kehidupan.

Banyak masyarakat Indonesia bahkan dunia yang berpikir jika alien adalah makhluk cerdas, lebih cerdas dari manusia (kita). Namun itu tidak sepenuhnya benar.

Alien adalah sebutan untuk makhluk luar Bumi, seperti yang ditemukan Curiosity misalnya; mikroba di Mars. Itulah contoh alien (yang sebenarnya).

Lalu, apa itu UFO?

UFO merupakan akronim dari Unidentified Flying Object atau dalam Bahasa Indonesia berarti Benda Terbang Tak Dikenal.

Pernahkah Anda saat sedang asyik mengamati langit, entah malam atau siang, tiba-tiba lewat sesuatu yang tidak Anda kenali di langit. Nah, benda terbang yang Anda lihat itulah yang disebut UFO.

Ternyata, masih banyak juga kan yang berpikit jika UFO itu kendaraan alien? Pecinta film ya? Oke, tak apa.

Dari sini kita ketahui, alien dan UFO tidak selalu 'satu paket'.

---
Ingin bertanya seperti Amalia? Gunakan fasilitas Tanya Astro.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.