60 Miliar Planet Asing Mendukung Kehidupan

Planet Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Hanya beberapa dari banyak planet asing yang ditemukan berpotensi layak huni. Ilmuwan berpendapat jika alam semesta padat akan planet asing yang mendukung kehidupan.

Galaksi Bima Sakti sendiri memiliki setidak nya 60 miliar planet asing yang mengorbit bintang katai merah.

Berbasiskan data dari wahana pencari planet asing milik NASA, Kepler, ilmuwan telah memprediksi jika ada kehidupan di planet asing yang mengorbit bintang katai merah, bintang dengan jenis terbanyak di galaksi ini.

Zona layak huni definisinya adalah, wilayah di mana planet memiliki temperatur yang baik untuk menjaga air cair di permukaannya, karena air adalah salah satu penunjang kehidupan yang kita semua ketahui.

Jika sebuah planet terlalu jauh dari bintang induknya, maka temperaturnya akan dingin. Dan sebaliknya jika terlalu dekat, temperatusnya akan sangat panas.

"Jika Anda mengorbit di sekitar bintang katai merah, Anda harus mengorbit sekitar sebulan sekali, dan sekali setiap dua bulan untuk menerima jumlah yang sama dari sinar matahari yang kita terima dari matahari," jelas penulis studi lain, Nicolas Cowan, dari Northwestern University.

Ilmuwan telah mempublikasikan studi baru ini per tanggal 27 Juni 2012 ke Astrophysical Journal Letter.