Struktur Mirip Tangga di Cincin Saturnus

Detail struktur mirip tangga di cincin F Saturnur. Kredit: universe today
Info Astronomy - Cincin F Saturnus adalah struktur yang aneh. Mengorbit planet raksasa ini 82.000 kilometer di atas awan khatulistiwanya.

Cincin F seperti sabuk bengkok terang yang terdiri dari partikel dan es memiliki lebar 30-500 kilometer. Kdang terlihat sebagai pita yang solid atau serangkaian kabel yang dikepang dikelilingi oleh kabut yang sering menunjukkan gumpalan yang di buat oleh pengaruh gravitasi dari bulan saturnus.

Pada gambar di atas, yang diperoleh wahana luar angkasa Cassini pada 13 Februari 2013 dan dirilis pada 27 Meikita melihat bagian dari cincin F terpisah menjadi tali panjang yang membentang dan dihubungkan dengan pita terang yang membentuk struktur seperti "tangga".

Cincin-cincin Saturnus
Pandangan diperoleh pada jarak sekitar 426.000 mil (686.000 kilometerdari Saturnus dan pada sudut fase 162 derajatSkala gambar adalah 2 mil (4 kmper pixel.

Para ilmuwan percaya bahwa interaksi antara cincin F dan bulan Prometheus dan Pandora menyebabkan struktur yang dinamis dari cincin F.

Terbuat dari partikel es halus, cincin F Saturnus mengorbit di tepi luar secara keseluruhan memiliki lebar 2600 kilometer dari Divisi Roche.