Snap! Planet Alien Tercemerlang Berhasil Dipotret

Planet ekstra surya HD95086 b ada di tanda panah. Para astronom telah memblok cahaya bintang HD95086 yang sebenarnya ada di ikon bintang di tengah gambar. Kredit: ESO
Info Astronomy - Para astronom dunia telah menemukan ratusan planet di luar tata surya, namun mengambil gambar dari salah satunya masih sesuatu yang sangat istimewa. Cahaya dari bintang induknya cenderung mengalahkan cahaya redup dari planet ekstra suryanya.

Jadi biasanya para astronom mempelajari tentang planet ekstra surya dengan melacak pergerakan planet, contohnya saat ia sedang transit di depan bintang induknya.

Gambar di atas menunjukkan HD95086 b, yang astronom percaya adalah salah satu dari hanya sekitar selusin planet ekstra surya yang pernah dicitrakan. HD95086 b terletak 300 tahun cahaya dari Bumi.

Planet ekstra surya ini memiliki massa sekitar empat sampai lima kali massa Jupiter dan mengorbit bintang yang sangat muda yang mungkin berusia baru 17 juta tahun. Dibandingan dengan tata surya kita yang berusia 4,5 miliar tahun.

Para astronom masih harus banyak belajar tentang objek ini (dan pengamatan dari Very Large Telescope akan perlu dikonfirmasi secara independen), tapi sejauh ini para astronom mengatakan bahwa mereka mengetahui bahwa planet ekstra surya itu terbentuk dalam gas dan debu yang mengelilingi bintang HD95086.

Menurut studi yang dipelajari, planet HD95086 b ini sebenarnya sangat jauh dari bintang induknya (HD95086), sekitar dua kali jarak Matahari-Neptunus (4.4 miliar kilometer) dalam tata surya kita sendiri.

Para astronom memperkirakan planet ekstra surya ini memiliki suhu permukaan 700 derajat Celsius, yang dapat memungkinkan uap air atau metana dapat bertahan di atmosfer.