PSR B1509-58: Nebula Tangan Dewa

Nebula Tangan Dewa
PSR B1509-58 Nebula tangan dewa. Klik untuk memperbesar.
Info Astronomy - PSR B1509-58 adalah sebuah pulsar yang berjarak sekitar 17.000 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Circinus yang ditemukan oleh Observatory Einstein X-Ray pada tahun 1982.

Pulsar ini berumur 17.000 tahun dan membentang di sekitar 150 tahun cahaya.Pulsar ini dibentuk oleh supernova.

Magnet dari bintang neutron yang berdiameter 20 kilometer berputar sekitar 7 kali per detik menghasilkan dinamo kosmik yang kuat dan angin bermuatan partikel.

Angin tersebut membentuk nebula indah dan hebatnya, nebula ini membentuk struktur mirip tangan, seperti yang terlihat pada gambar spektakuler yang diambil oleh Chandra X-ray Observatory.

Energi sinar X rendah terlihat dengan warna merah, menengah dengan warna hijau, dan energi tinggi dengan warna biru.Pulsar itu sendiri berada di kawasan tengah yang cerah.