Jepang Siap Luncurkan Robot ke Luar Angkasa

Kirobo. Kredit: Japan Media
Info Astronomy - Tak pernah berhenti berinovasi, Jepang terus menciptakan robot-robot baru berteknologi mutakhir.

Terkini untuk pertama kalinya di dunia, negeri Matahari tersebut menembangkan proyek percobaan komunikasi antara robot di luar angkasa dengan manusia di Bumi.


Robot yang dinamai Kirobo, yang dalam bahasa Jepang artinya ‘harapan’ ini memiliki tinggi 13 inci atau sekira 34 centimeter memiliki kemampuan untuk berbicara dengan baik. Pengembangan Kirobo merupakan proyek bersama antara University of Tokyo, Dentsu Inc dan Toyota.

Dalam percobaannya, seorang peneliti yang mengembangkan robot ini menanyakan apa mimpi Kirobo. Menariknya, ia menjawab bahwa ingin menciptakan masa depan di mana manusia dan robot dapat hidup bersama penuh kerukunan.

Kirobo dijadwalkan akan diluncurkan dari Tanegashima Space Center di Jepang pada 4 Agustus mendatang.

Kemudian robot berbentuk seperti astronot ini akan melakukan percakapan pertamanya di luar angkasa dengan komandan Wakata di Bumi pada Desember 2013 mendatang. Rencananya, Kirobo akan kembali ke Bumi pada Desember 2014.

Robot ini juga merupakan bagian dari modul stasiun luar angkasa (ISS). Para pengembang berharap Kibo nantinya dapat menyimpan percakapan dengan manusia di Bumi untuk membantu astronot yang sedang menjelajahi luar angkasa.
Jepang Siap Luncurkan Robot ke Luar Angkasa Jepang Siap Luncurkan Robot ke Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/28/2013 02:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.