ISS Akan Terlihat Tiap Malam Selama Juni 2013

Stasiun Luar Angkasa International (ISS). Kredit: Mike Weasner
Info Astronomy - Belum pernah melihat Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) di langit sebelumnya? Sekarang adalah saat yang tepat untuk mencoba, karena kita masuk ke dalam waktu yang khusus dalam setahun.

Mulai pukul 19.30 WIB pada Senin, 3 Juni 2013, ISS akan memasuki fase cemerlang permanen di sepanjang orbitnya.

ISS akan tetap di bawah sinar matahari dan tidak akan mengalami sunset orbital sampai lima hari kemudian, selanjutnya akan menghilang ke bayangan Bumi pada tanggal 8 Juni 2013 jam 18:50 WIB.

Hal ini membuat ISS terlihat di langit seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia (keseluruhan). Fenomena unik ini terjadi cenderung karena orbit ISS.

Orbitnya miring 51,6° terhadap ekuator Bumi, orbitnya juga dapat berorientasi kasar tegak lurus dengan matahari dalam beberapa minggu sebelum titik balik matahari (21 Juni 2013).

Pengamat di Inggris, Kanada bagian selatan dan bagian utara Amerika Serikat akan dapat melihat ISS berlalu-lalang di langit dalam satu malam selama satu minggu kedepan. Perhatikan bahwa ISS hampir dalam pencahayaan penuh sekarang, dan akan tetap demikian hingga pertengahan Juni.

Dapatkan jadwal melintasnya ISS di langit atas rumah Anda, kirim email ke info.astronomy@gmail.com dengan subjek Lintasan ISS. Isi email dengan nama daerah rumah Anda.
ISS Akan Terlihat Tiap Malam Selama Juni 2013 ISS Akan Terlihat Tiap Malam Selama Juni 2013 Reviewed by Kontributor on 6/02/2013 10:48:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.