Inilah Penguin Kosmik Akibat Tabrakan Galaksi

Tabrakan 2 galaksi membentuk galaksi berbentuk hewan penguin. Kredit: ESA/NASA Hubble
Info Astronomy - Sebuah penguin kosmik bersinar 326 juta tahun cahaya dari Bumi. Penguin itu berhasil dipotret Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Debu gumpalan biru yang menciptakan tubuh penguin adalah bagian dari galaski spiral NGC 2936, sedangkan sebuah gumpalan terang di bagian kiri bawah yang terlihat seperti telur penguin adalah bagian dari galaksi NGC 2937. Pasangan galaksi ini sekarang dikenal sebagai Arp 142.

"Mata penguin adalah sisa dari NGC 2936, galaksi spiral yang mirip seperti galaski Bima Sakti kita," kata Joe Liske, astronom dari Lembaga Antariksa Eropa (ESA), dalam sebuah video yang menjelaskan Arp 142 adalah kecelakaan galaksi.

Dua bintang terang bersinar di bagian atas foto. Bintang di sebelah kanan tampaknya memiliki ekor biru melesat berasal dari intinya. Ekor sebenarnya berasal dari galaksi lain, namun para ahli berpikir bahwa itu terlalu jauh untuk berinteraksi dengan Arp 142.

Hubble adalah sebuah operasi gabungan antara NASA dan ESA. Teleskop itu diluncurkan pada tahun 1990 dan sejak saat itu telah memotret banyak fitur jauh di alam semesta. NASA berharap untuk menjaga Hubble sampai setidaknya 2018, ketika James Webb Space Telescope, penggantinya, diatur untuk diluncurkan.
Inilah Penguin Kosmik Akibat Tabrakan Galaksi Inilah Penguin Kosmik Akibat Tabrakan Galaksi Reviewed by Kontributor on 6/21/2013 08:47:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.