Foto: Hujan Meteor Gamma Delphinid 11 Juni 2013

Bentangan galaksi Bima Sakti dan 2 meteor yang melintas. Kredit: Yuri Beletsky
Info Astronomy - Pada tanggal 11 Juni 1930 silam, Bumi melewati lintasan puing-puing dari sebuah periode panjang komet yang tidak diketahui, menghasilkan sebuah hujan meteor Gamma Delphinid.

Kini 83 tahun telah berlalu. Pada tanggal 11 Juni 2013, fenomena ini terjadi lagi. Sejumlah meteor dari hujan meteor Gamma Delphinids terlihat oleh pengamat di seluruh dunia. Yuri Beletsky yang memotret cita di atas saat ia berada di obeservatorium Las Campanas di Chile.

"Kenampakan meteor sangat sedikit dari yang diharapkan," kata Beletsky. "Meski begitu, saya melihat beberapa dari mereka."

Thomas Ashcraft, seorang astronom amatir, juga sempat melihat hujan meteor Gamma Delphinid dari atas observatorium pribadinya di pedesaan New Mexico. "Bola api sempat muncul selama sepuluh menit yang diperkirakan pada waktu puncak," ungkap Ashcraft.

Hujan meteor Gamma Delphinid ini hanya terlihat di benua Amerika. Eropa, Asia, dan Rusia tidak dapat mengamatinya. Hujan meteor yang dapat diamati di Indonesia akan muncul pada 27 Juni 2013, tunggu info selanjutnya hanya di InfoAstronomy.uni.me
Foto: Hujan Meteor Gamma Delphinid 11 Juni 2013 Foto: Hujan Meteor Gamma Delphinid 11 Juni 2013 Reviewed by Kontributor on 6/15/2013 04:06:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.