Ditemukan! 15 Galaksi Baru yang Sangat Gelap

15 Galaksi Gelap
15 Galaksi Gelap. Kredit: Red Orbit
Info Astronomy - Sekitar 80 persen dari semua sinyal gelombang milimeter yang dikenali yang dipancarkan di alam semesta benar-benar berasal dari galaksi, menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam edisi Sabtu dari Astrophysical Journal Letters.

Berdasarkan pengamatan yang dikumpulkan menggunakan teleskop Atacama Large Millimeter / sub-milimeter Array (ALMA) profesor Kouji Ohta dan peneliti postdoctoral Bunyo Hatsukade dari Kyoto University di Jepang dan rekan mereka mengatakan bahwa mereka mampu untuk menentukan lokasi yang tepat dari galaksi halus yang padat partikel, atau debu.

Menggunakan resolusi tinggi dan sensitivitas ALMA, dan melakukan pengamatan di wilayah yang disebut Subaru/XMM-Newton Deep Survey Field dalam arah yang sama dengan konstelasi Cetus. Selanjutnya, para peneliti mengatakan bahwa mereka mampu mengidentifikasi 15 galaksi yang sebelumnya tidak diketahui, galaksi ini sangat gelap.

"Terima kasih kepada ALMA dan Subaru Telescope," kata Ohta, Hatsukade dan rekan mereka "Sekarang kita akan berusaha untuk mengungkap gambaran keseluruhan pembentukan dan evolusi galaksi ketika melakukan pengamatan galaksi jauh yang lebih gelap."

Biasanya, penelitian tentang galaksi jauh dilakukan dengan melihatnya dan menggunakan cahaya inframerah. Namun, penulis penelitian percaya bahwa menggunakan teknik ini dapat menyebabkan banyak galaksi akan terabaikan karena banyak radiasi yang diserap oleh debu kosmik mini, partikel padat yang terdiri dari silikon, karbon, besi dan elemen lainnya.

Namun, cahaya bintang diserap oleh debu yang dipancarkan kembali dari partikel sebagai gelombang milimeter dan submillimeter, memungkinkan para astronom untuk menggunakan gelombang ini untuk menemukan galaksi yang telah terdeteksi menggunakan teleskop optik.

"Dalam pengamatan terakhir, galaksi raksasa sangat tertutup debu, di mana beberapa ratus ribu bintang secara aktif terbentuk setiap tahun dan telah terdeteksi dengan gelombang milimeter / submillimeter," tambah mereka. "Untuk menangkap gambaran keseluruhan galaksi di alam semesta, penting untuk mengamati 'galaksi umum' yang memiliki aktivitas pembentukan bintang moderat. Namun, belum mungkin untuk mendeteksi galaksi yang redup karena sensitivitas rendah instrumen pengamatan yang ada."

Seperti yang terjadi dalam penelitian terbaru ini, di mana Ohta, Hatsukade dan rekan mereka mengamati 15 galaksi sebelumnya tak dikenal karena galaksi yang sangat gelap di wilayah yang disebut “Subaru/XMM-Newtown Deep Survey Field” menggunakan teleskop ALMA.

Berkat pengamatan mereka, tim investigasi berhasil mengukur kepadatan jumlah galaksi yang hampir 10 kali lebih gelap dibandingkan penelitian gelombang milimeter yang ada.

"Hal ini berkat kinerja tinggi ALMA, yang dengan bangga dikatakan menjadi yang terbaik di dunia, yang telah memungkinkan pengamatan seperti ini," kata Hatsukade.

Referensi: Red Orbit
Ditemukan! 15 Galaksi Baru yang Sangat Gelap Ditemukan! 15 Galaksi Baru yang Sangat Gelap Reviewed by Kontributor on 6/02/2013 09:44:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.