Asteroid 2013 LR6 Baru Saja Melintasi Bumi

Jalur perlintasan asteroid 2013 LR6. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sebuah asteroid kecil telah ditemukan dan saat Anda membaca tulisan ini pada 8 Juni 2013 pukul 11.42 WIB, asteroid ini sedang melintasi Bumi.

Batu luar angkasa ini bernama 2013 LR6, memiliki lebar antara 5-16 meter.Asteroid ini melintas pada jarak terdekatnya dengan Bumi sekitar 105.000 kilometer di atas permukaan Bumi. Dengan magnitudo 16,5, asteroid ini terlalu redup untuk dilihat tanpa menggunakan alat bantu.

Titik terdekat perlintasan asteroid 2013 LR6 adalah di atas samudera selatan, Tasmania Selatan. Asteroid 2013 LR6 ditemukan melalui Catalina Sky Survey milik NASA pada 6 Juni 2013.

Asteroid ini tidak berpotensi menabrak Bumi walaupun jaraknya yang relatif dekat. Saat ini (8/6), asteroid tersebut masih berada dekat Bumi.