Arti Nama Bima Sakti untuk Galaksi Kita

Ilustrasi galaksi Bima Sakti. Kredit: Space-Art
Info Astronomy - Arti Nama Bima Sakti untuk Galaksi Kita.

Pertanyaan dari: Ilham Rudiyanto
Kenapa sih galaksi kita namanya Bima Sakti dalam Bahasa Indonesia, padahal kan englishnya Milky Way? Arti namanya apa ya? Trims.


Jawaban:

Di dalam Bahasa Indonesia, istilah "Bima Sakti" berasal dari tokoh berkulit hitam dalam pewayangan, yaitu Bima. Istilah ini muncul karena orang Jawa kuno melihatnya sebagai bayangan hitam yang dikelilingi semacam "aura" cemerlang.

Sementara itu, masyarakat Barat menyebutnya "Milky Way" sebab mereka melihatnya sebagai pita kabut bercahaya putih yang membentang pada bola langit.

Pita kabut atau "aura" cemerlang ini sebenarnya adalah kumpulan jutaan bintang dan juga sevolume besar debu dan gas yang terletak di piringan/bidang galaksi. Pita ini tampak paling terang di sekitar rasi Sagitarius, dan lokasi tersebut memang diyakini sebagai pusat galaksi.

Kira-kira karena legenda Bima sebagai sesosok berkulit hitam mengerikan dan penuh kesaktian yang menyebabkan galaksi berwarna hitam dengan "aura cemerlang" tersebut digelari nama Bima Sakti, oleh masyarakat Indonesia.

Punya pertanyaan tentang astronomi juga? Ayo Tanya Astro dengan Info Astronomy. Klik di sini.
Arti Nama Bima Sakti untuk Galaksi Kita Arti Nama Bima Sakti untuk Galaksi Kita Reviewed by Kontributor on 6/21/2013 11:14:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.