Ada Berapa Banyak Planet di Jagad Raya?

Ilustrasi. Kredit: I F*cking Love Science
Info Astronomy - Ketika kita masih kecil, kita mengetahui bahwa hanya ada 9 planet dan hanya terdapat di tata surya kita sendiri. Planet-planet berbatu, empat gas raksasa, Bulan, Asteroid, Komet dan objek di Sabuk Kuiper (pada waktu itu hanya Pluto dan Charon) adalah semua yang kita tahu di tata surya.


Ilustrasi tata surya. Kredit: Wikipedia
Tapi ini hanya dunia di sekitar matahari kita (anggota tata surya), yang sekarang terdiri dari 8 planet. Matahari kita adalah salah satu dari sekitar dua sampai empat ratus miliar bintang di galaksi Bima Sakti kita dan saat kita melihat ke langit di waktu malam,kita pasti pernah bertanya-tanya berapa banyak bintang yang memiliki planet mereka sendiri dan bagaimana bentuk dunianya.


Perbandingan objek langit. Kredit: Adipedia.com
Ada banyak bintang besar di galaksi kita, Matahari kita adalah salah satu contoh - bintang G-class - dari tujuh jenis bintang yang berbeda.


Kelas bintang. Kredit: Wikipedia
Kita mungkin berpikir matahari kita sebagai tipikal dan di sisi relatif redup, karena jumlah yang tidak proporsional dari bintang yang terlihat oleh mata kita di langit malam adalah bintang kelas O, B, dan A.

Namun dalam kenyataannya, Matahari lebih besar dan lebih terang dari 95% bintang di galaksi kita. Bintang-bintang katai merah - bintang kelas-M - yang bermassa hanya 40% massa Matahari banyak terdapat di galaksi kita. Dengan perbandingan 3 dari 4 bintang di galaksi kita adalah katai merah.

Bintang dapat berkelompok, contohnya berpasangan (Bintang Biner), Bertiga (trinaries), atau kelompok / cluster yang mengandung ribuan sampai ratusan ribu bintang.

Maksudnya adalah ini: jika Anda ingin secara akurat memperkirakan berapa banyak planet yang ada di galaksi kita, Anda tidak bisa hanya mengambil jumlah planet yang ada di tata surya dan mengalihkan dengan jumlah bintang di galaksi kita.

Itu suatu perhitungan naif dan tak ada bukti akurat. Tapi jika hanya untuk analisis kecil, kita akan mendapatkan planet sekitar dua sampai 3 trilyun planet di galaksi kita. Dan seperti yang kita tahu dari tata surya kita sendiri bahwa ada berbagai macam permukaan planet dan bisa terlihat seperti di bawah ini.

Perbedaan permukaan. Kredit: Mike M.
Selama dua dekade terakhir, kita sudah aktif mencari planet-planet yang ada di luar tata surya yang di sebut Eksoplanet (ekstra surya planet).

NASA sudah mencari dengan beberapa metode yang berbedapada kenyataannyadan dua paling produktif adalah metode “stellar wobble” di mana Anda dapat menyimpulkan massa dan radius planet (atauserangkaian planetdi sekitar bintang dengan mengamati bagaimana "goyangan"gravitasi selama jangka waktu yang lama:

Massa pusat. Kredit: ILS
Dan metode transitdi mana cahaya yang datang dari bintang yang jauh sebagian diblokir oleh disk dari planet di tata suryanya yang lewat di depannya.

Ilustrasi transit. Kredit: NASA
NASA Kepler, misalnya, yang telah menemukan ratusan (bahkan ribuanEksoplanet dengan melihat bidang-pandang yang mengandung sekitar 100.000 bintangTapi itu tidak berarti bahwa hanya ada beberapa planet-per-seratus-bintang.

Jadi, jika Kepler sedang melihat 100.000 bintang yang mirip dengan Matahari kita, maka dia akan menemukan 410 bintang dengan total 700 planet di sekitar mereka.

Seperti saat ini, Kepler telah menemukan lebih dari 11.000 bintang dengan setidaknya satu kandidat sistem planeter dan lebih dari 18.000 planet potensial yang berada di sekitar bintang-bintang itu dengan jangka waktu mulai dari 12 jam hingga 525 hari. Dengan kata lain, ada.

Belum lagi kita menghitung planet yatim piatu (planet tanpa bintang induknya), yang kita sudah tahu keberadaaannya, tapi kita belum tahu seberapa banyak jumlah mereka.


http://astronesia.blogspot.com/
Posisi Matahari di Bima Sakti
Saat ini kita sedang berbicara tentang triliunan planet di galaksi kita sendiri. Tapi ingatgalaksi kita tidak sendirian di alam semesta..

Miliaran galaksi. Kredit: NASA Hubble
Setidaknya ada 200 miliar galaksi di luar sana atau bahkan lebih, dan mungkin planet di alam semesta ini sekitar 1024 planet atau 1.000.000.000.000.000.000.000.000 planet. Bahkan jumlah itu baru perkiraan dan akan terus bertambah dan bertambah.
Ada Berapa Banyak Planet di Jagad Raya? Ada Berapa Banyak Planet di Jagad Raya? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/03/2013 11:51:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.