Video: Simulasi Gerhana Bulan Penumbra 25 Mei 2013

Gerhana Bulan Penumbra. Kredit: National Geographic
Info Astronomy - Besok akan terjadi Gerhana Bulan Penumbra. Sayangnya, gerhana ini tidak dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Gerhana ini akan berlangsung pada pukul 05.53 PM (25/5).
 
Kalau begitu, wilayah mana yang dapat mengamatinya?

Gerhana Bulan Penumbra akan bisa disaksikan di seluruh wilayah Amerika Latin, Selatan Afrika, Kanada, dan Inggris. Dalam waktu yang sama, Indonesia sedang siang hari.

Fenomena ini sebetulnya tidak begitu spesial. Bulan akan memasuki wilayah penumbra Bumi, bayangan 'terang' Bumi. Sehingga walaupun terjadi gerhana tetap tidak terlihat seperti gerhana, kecuali bagi Anda yang mengamati dengan teleskop atau teropong.

Seperti pada gerhana bulan pada umumnya, Bumi akan berada di antara Matahari dan Bulan. Sayangnya, kesejajaran ini kurang pas sehingga Bulan tidak tertutup penuh oleh Bumi dari sinar Matahari. Puncak gerhana akan terjadi pada 13.00 WIB dan akan berlangsung sampai setengah jam saja.

Anda dapat menonton video di bawah ini untuk melihat simulasi Gerhana Bulan Penumbra 25 Mei 2013:


Video: Simulasi Gerhana Bulan Penumbra 25 Mei 2013 Video: Simulasi Gerhana Bulan Penumbra 25 Mei 2013 Reviewed by Kontributor on 5/24/2013 10:17:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.