Venus Hadir Kembali di Langit Malam Bulan Ini

Pemandangan langit barat saat senja 11 Mei 2013. Kredit: Stellarium
Info Astronomy — Pengamat langit yang antusias mungkin bertanya-tanya apa yang telah terjadi akhir-akhir ini dengan Planet Venus, yang paling cemerlang dari semua planet di langit Bumi.

Sejak akhir Januari, Venus telah 'hilang' dari langit malam di Bumi. Itu terjadi bersamaan dengan konjungsi superior (muncul di belakang matahari seperti yang terlihat dari Bumi) pada 28 Maret sehingga penampakannya terhalang Matahari.

Namun demikian, dengan terus berevolusinya, Venus telah bergerak lambat ke arah timur dan perlahan menjauh dari Matahari jika dilihat dari Bumi tentu saja.

Akhirnya, pada awal Mei ini, telah mulai muncul Planet Venus sebagai bintang sangat rendah di saat senja di langit barat. Pada Sabtu malam (11/5), ia menetapkan 27 derajat utara di barat (10 derajat kira-kira sama dengan lebar kepalan tangan Anda yang diadakan di lengan panjang) hampir satu jam setelah matahari terbenam.

Pada tanggal 1 Juni, Venus akan muncul 80 menit setelah matahari terbenam, memberi pandangan pertama kepada pengamat langit yang dikenal dengan "Bintang Kejora."

Venus begitu terang sehingga dapat dilihat bahkan melalui senja yang sangat rendah di langit barat dan barat laut 45 menit setelah matahari terbenam, jadi terlihat lebih awal, sebaiknya dengan teropong atau teleskop.

Venus tampil sebagai bintang putih cemerlang, "adik" dari Planet Bumi ini akan menghiasi langit malam di barat melalui sisa tahun ini.