Sore Ini, Trio Asteroid Melintasi Planet Bumi

Peta lintasan Asteroid 2013 KS1 pada 22 Mei 2013. Kredit: Ma'rufin Sudibyo
Info Astronomy - Menurut astronom amatir Ma'rufin Sudibyo lewat akun Facebook-nya, sore ini akan melintas tiga asteroid yang jaraknya relatif dekat dengan Bumi.

Adalah asteroid 2013 KS1, anggota asteroid dekat-Bumi kelas Apollo yang memiliki diameter sekitar 18 meter, atau seukuran dengan asteroid yang meledak di atas kawasan Chelyabinsk dan sekitarnya (Rusia) saat mencoba memasuki atmosfer Bumi pada pertengahan Februari 2013 lalu.

Asteroid 2013 KS1 baru ditemukan pada 17 Mei 2013 lewat program pelacakan Catalina Sky Survey di Observatorium Mt. Lemmon, Arizona (AS) dan Observatorium Siding-Spring (Australia).

Asteroid ini bakal melintas-dekat Bumi pada Rabu 22 Mei 2013 pukul 18:39 WIB dengan jarak perlintasan hanya 1,85 juta kilometer atau 4,8 lipat jarak rata-rata Bumi-Bulan.

Titik terdekat ke permukaan Bumi pada saat perlintasan itu terjadi adalah Samudera Pasifik bagian timur di lepas pantai barat Meksiko. Namun demikian asteroid ini takkan jatuh ke Bumi karena tak berpotensi berbenturan dengan Bumi.

Saat perlintasan-dekat ini terjadi asteroid 2013 KS1 akan muncul sebagai bintik sangat redup dengan magnitudo semu sekitar +18. Dengan demikian asteroid ini sangat sulit dilihat meski telah menggunakan teleskop sekalipun, karena 40 kali lebih redup ketimbang Pluto.

Peta di atas menunjukkan proyeksi lintasan asteroid 2013 KS1 di permukaan Bumi pada Rabu 22 Mei 2013 mulai pukul 14:30 WIB hingga pukul 23:30 WIB. Tanda bintang (*) menunjukkan titik proyeksi saat asteroid berjarak terdekat dengan permukaan Bumi. Elemen orbital bersumber dari IAU Minor Planet Center yang diaplikasikan pada Starry Night Backyard. Peta bersumber dari Sky View Cafe.

Asteroid 2013 KS1 berada dalam medan pandangan Indonesia dengan lintasan di langit bagian timur sejak pukul 22:30 WIB.

Peta perlintasan asteroid 2013 KB
Sebelum asteroid 2013 KS1 melintas, akan ada asteroid 2013 KB yang akan berdekatan dengan Bumi.

Asteroid 2013 KB adalah anggota asteroid dekat-Bumi kelas Amor yang memiliki diameter sekitar 16 meter. Asteroid 2013 KB baru ditemukan pada 16 Mei 2013 lewat program pelacakan Catalina Sky Survey di Observatorium Mt. Lemmon, Arizona (AS) dan Observatorium Siding-Spring (Australia).

Asteroid bakal melintas-dekat Bumi pada Rabu 22 Mei 2013 pukul 13:05 WIB dengan jarak perlintasan hanya 1,23 juta km atau 3,2 lipat jarak rata-rata Bumi-Bulan.

Titik terdekat ke permukaan Bumi pada saat perlintasan itu terjadi adalah Samudera Pasifik bagian selatan yang berdekatan dengan Antartika. Namun demikian asteroid ini takkan jatuh ke Bumi karena tak berpotensi berbenturan dengan Bumi.

Saat perlintasan-dekat ini terjadi asteroid 2013 KB akan muncul sebagai bintik sangat redup dengan magnitudo semu sekitar +17. Dengan demikian asteroid ini sangat sulit dilihat meski telah menggunakan teleskop sekalipun, karena 16 kali lebih redup ketimbang Pluto.

Peta perlintasan asteroid 2013 KT1
Dan di malam harinya, asteroid ketiga muncul. Adalah asteroid 2013 KT1, anggota asteroid dekat-Bumi kelas Aten dan memiliki diameter sekitar 21 meter.

Asteroid ini baru ditemukan pada 17 Mei 2013 lewat program pelacakan Catalina Sky Survey di Observatorium Mt. Lemmon, Arizona (AS) dan Observatorium Siding-Spring (Australia).

Asteroid bakal melintas-dekat Bumi pada Selasa 21 Mei 2013 pukul 21:26 WIB dengan jarak perlintasan hanya 1,23 juta km atau 3,2 lipat jarak rata-rata Bumi-Bulan. Titik terdekat ke permukaan Bumi pada saat perlintasan itu terjadi adalah tengah-tengah Samudera Hindia di lepas pantai Australia barat daya.

Namun demikian asteroid ini takkan jatuh ke Bumi karena tak berpotensi berbenturan dengan Bumi. Saat perlintasan-dekat ini terjadi asteroid 2013 KT1 akan muncul sebagai bintik sangat redup dengan magnitudo semu sekitar +16. Dengan demikian asteroid ini sangat sulit dilihat meski telah menggunakan teleskop sekalipun, karena 6 kali lebih redup ketimbang Pluto.

Sudah tiga asteroid, ternyatan masih ada ribuan lagi. Pada 31 Mei 2013 nanti, akan ada asteroid seukuran Golden Gate Bridge (AS) yang juga melintasi planet kita, baca di sini.