Pesawat Pengangkut Hewan Telah Pulang ke Bumi dari Luar Angkasa

Roket milik Rusia. Kredit: Gizmodo
Info Astronomy - Pesawat Bion-M milik Rusia, yang mengangkut 45 anak tikus, 15 kadal air, 8 gerbil dan beberapa siput telah berhasil pulang ke Bumi setelah satu bulan berada di luar angkasa.

Bion-M mendarat sekitar 750 kilometer di sebelah tenggara kota Moskow, Rusia pada 19 Mei 2013 dengan menggunakan parasut.

Sesaat setelah mendarat, para peneliti segera melakukan tes kepada hewan-hewan 'kosmonot' itu. Tujuannya adalah, Rusia ingin melakukan uji coba penerbangan misi berawak ke Planet Mars pada 2030.

Hewan-hewan tadi akan memberikan pemahaman tentang sistem tulang, otot, dan saraf yang dipengaruhi oleh bobot selama penerbangan panjang di luar angkasa.

Menurut Associated Foreighn Press (AFP), hewan-hewan kecil ini harus memiliki kapsul masing-masing. Sebab, dapat menimbulkan risiko kesehatan pada mereka terlebih saat berada di stasiun luar angkasa (ISS).

“Hewan-hewan itu sangat diperlukan untuk eksperimen yang tidak mungkin dilakukan pada manusia,” kata salah seorang peneliti perwakilan dari AFP. 
Pesawat Pengangkut Hewan Telah Pulang ke Bumi dari Luar Angkasa Pesawat Pengangkut Hewan Telah Pulang ke Bumi dari Luar Angkasa Reviewed by Kontributor on 5/20/2013 11:25:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.