Pesawat Pengangkut Hewan Telah Pulang ke Bumi dari Luar Angkasa

Roket milik Rusia. Kredit: Gizmodo
Info Astronomy - Pesawat Bion-M milik Rusia, yang mengangkut 45 anak tikus, 15 kadal air, 8 gerbil dan beberapa siput telah berhasil pulang ke Bumi setelah satu bulan berada di luar angkasa.

Bion-M mendarat sekitar 750 kilometer di sebelah tenggara kota Moskow, Rusia pada 19 Mei 2013 dengan menggunakan parasut.

Sesaat setelah mendarat, para peneliti segera melakukan tes kepada hewan-hewan 'kosmonot' itu. Tujuannya adalah, Rusia ingin melakukan uji coba penerbangan misi berawak ke Planet Mars pada 2030.

Hewan-hewan tadi akan memberikan pemahaman tentang sistem tulang, otot, dan saraf yang dipengaruhi oleh bobot selama penerbangan panjang di luar angkasa.

Menurut Associated Foreighn Press (AFP), hewan-hewan kecil ini harus memiliki kapsul masing-masing. Sebab, dapat menimbulkan risiko kesehatan pada mereka terlebih saat berada di stasiun luar angkasa (ISS).

“Hewan-hewan itu sangat diperlukan untuk eksperimen yang tidak mungkin dilakukan pada manusia,” kata salah seorang peneliti perwakilan dari AFP.