Perjalanan ke Mars Bisa Membunuh Manusia Karena Radiasi

Ilustrasi manusia di Planet Mars. Kredit: Red Orbit
Info Astronomy - Ada banyak hambatan untuk mengirimkan tim manusia ke permukaan Mars. Terutama bahaya paparan radiasi selama perjalanan melalui ruang tata surya menuju planet merah tersebut.

Untuk tujuan ini, misi terbaru yang dilakukan Curiosity di permukaan Mars juga memeriksa dan memonitoring tingkat radiasi dari waktu ke waktu di planet tersebut.

Instrumen ini, yang dikenal sebagai Radiation Assessment Detector (RAD), memungkinkan peneliti untuk menghitung total paparan radiasi serta melihat variasi radiasi di berbagai tempat selama melakukan perjalanan.

Sebenarnya ada dua masalah ketika terkena paparan radiasi:
  1. Galactic cosmic rays (GCRs) [Penyerapan jangka panjang sinar kosmik galaksi]
  2. Solar energetic particles (SEPs) [Paparan jangka pendek untuk semburan partikel energik tinggi matahari]
Jika terkena 1 Sievert (Sv) dosis radiasi dapat meningkatkan 5% risiko kanker fatal.

"Memahami lingkungan radiasi di dalam pesawat ruang angkasa yang membawa manusia ke Mars sangat penting untuk merencanakan misi berawak masa depan," kata Zeitlin.

Ini adalah sebuah tantangankarena desain tradisional pesawat ruang angkasa yang tidak siap untuk menangani energi tinggi GCRs dan SEPPerisai tambahan akan sangat diperlukan untuk melindungi astronot bepergian ke luar magnetosfer Bumi untuk jangkawaktu panjang.
  
"Sebuah kendaraan yang membawa manusia ke luar angkasa kemungkinan akan memiliki ‘storm shelter’ untuk melindungi astronot terhadap partikel matahariTapi GCRs lebih sulit untuk ditangkis, bahkan lambung aluminium tebal pesawat tidak akan mengurangi banyak dosis radiasi GCRs." kata Zeitlin.

Data RAD menunjukkan tingkat dosis GCR setara rata-rata 1,8 millisieverts per hari dalam pelayaran ruang angkasa.Nilai eksposur yang memastikan awak tidak akan melebihi standar lembaga antariksa kurang dari 1 Sv.

"Pesawat ruang angkasa melindungi hanya sedikit terhadap partikel energi yang lebih rendahtetapi yang lain dapat merambat melalui struktur dan tidak berubah atau terurai menjadi partikel sekunder."

Tim ini telah melaporkan temuan ini dalam jurnal sains.

Refernsi: Red Orbit, NASA
Perjalanan ke Mars Bisa Membunuh Manusia Karena Radiasi Perjalanan ke Mars Bisa Membunuh Manusia Karena Radiasi Reviewed by Kontributor on 5/31/2013 04:07:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.