NASA: Matahari Meletupkan Angin Surya Tingkat Menengah

Angin surya dari Matahari. Kredit: NASA.gov
Info Astronomy — Matahari memancarkan angin surya tingkat menengah, yang memuncak pada 04:32 WIB pada tanggal 3 Mei 2013. 

Angin surya adalah semburan radiasi yang begitu kuat. Radiasi berbahaya dari angin surya tidak dapat melewati atmosfer Bumi dengan mudah, sehingga penghuni Bumi aman karena ada 'lapisan pelindung' tersebut.

Namun - ketika cukup kuat - mereka dapat memperkeruh suasana di lapisan atmosfer di mana perjalanan GPS dan komunikasi sinyal terjadi. Hal ini mengganggu sinyal radio selama pembakaran angin surya sedang berlangsung.

Angin surya ini diklasifikasikan sebagai angin surya kelas M5.7. Angin surya kelas-M terlemah yang masih dapat menyebabkan beberapa efek cuaca anatariksa dekat Bumi. 


Peningkatan jumlah angin surya masih cukup umum saat ini, sebagai siklus aktivitas 11 tahunan Matahari yang normal. Diprediksikan NASA jika puncak aktivitas Matahari ini hingga akhir 2013.
NASA: Matahari Meletupkan Angin Surya Tingkat Menengah NASA: Matahari Meletupkan Angin Surya Tingkat Menengah Reviewed by Kontributor on 5/04/2013 11:43:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.