Malam Ini, Bulan Purnama Akan Tampak Lebih Besar

Bulan Purnama
Bulan Purnama terlihat besar. Kredit: MindBodyGreen
Info Astronomy - Bulan Purnama, siapa yang tidak terpukau melihatnya? Sebuah fase Bulan penuh jika dilihat dari Bumi pada waktu tertentu ini sangat cantik bila dilihat.

Namun, tahukah Anda? Ada saatnya Bulan berada pada jarak terjauh dengan Bumi yang disebut dengan Apogee, dan ada juga saatnya Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi yang disebut dengan Perigee.

Bulan di perigee akan terjadi hari ini, itu artinya Bulan akan telihat lebih besar daripada di apogee. Selain terlihat lebih besar, Bulan Purnama hari ini juga akan digerhanai Bumi. Ya, Gerhana Bulan Penumbra.

Gerhana Bulan Penumbra ini tidak bisa diamati di Indonesia, karena saat terjadinya gerhana di Indonesia masih siang hari dan Bulan sudah tenggelam.

Bulan Purnama malam ini bisa diamati mulai pukul 18.10 waktu lokal daerah Anda dan akan tenggelam pada keesokan harinya (26/5) pada pukul 06:10 waktu lokal. Jadi, pada pagi hari Anda masih dapat melihat Bulan Purnama di langit barat.

Mengamati Bulan Purnama tidak perlu menggunakan alat bantu seperti teleskop, cukup dengan mata telanjang saja. Kecuali jika Anda memang iningin mengabadikan Bulan Purnama malam ini atau sekadar melihat permukaan Bulan lebih dekat mungkin teleskop dibutuhkan.

Tidak akan ada efek apa pun di Bumi dari penampakan Bulan yang terlihat lebih besar malam ini. Jadi, nikmati saja.
Malam Ini, Bulan Purnama Akan Tampak Lebih Besar Malam Ini, Bulan Purnama Akan Tampak Lebih Besar Reviewed by Kontributor on 5/25/2013 07:40:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.