Kirim Puisi ke NASA, Anda Berkesempatan ke Planet Mars

Permukaan Planet Mars. Kredit: NASA
Info Astronomy - National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengundang publik untuk kirimkan nama dan sebuah puisi yang akan disatukan ke dalam sebuah DVD untuk ikut dalam perjalanan pesawat luar angkasa ke Mars.

DVD tersebut akan mewarnai suasana perjalanan pesawat Mars Atmosphere and Volatile Evolution (MAVEN) ke ruang angkasa. NASA inginkan publik menulis puisi haiku yang singkat. Dan peluncuran DVD dijadwalkan pada bulan November.

Haiku sendiri adalah bentuk tulisan yang berasal dari Jepang dan biasanya terdiri dari tiga baris dan sekitar 17 suku kata. Dan tiga puisi terbaik akan berakhir di Mars.

"Kampanye terbaru ini merupakan kesempatan hebat untuk mencapai generasi selanjutnya yang mengeksplor dan juga merangsang mereka tentang keilmuan, teknologi, teknik serta matematika," kata Bruce Jakoski, peneliti utama MAVEN.

Proyek pesawat MAVEN yang dikoordinir oleh Universitas Colorado di Boulder, akan menyelidiki bagaimana hilangnya atmosfer Mars yang menentukan sejarah dari air di permukaan planet dan mengeksplor interaksinya dengan matahari dan air.

"Saya berharap untuk berbagi ilmu dengan masyarakat seluruh dunia seiring MAVEN mulai mengumpulkan akan apa yang terjadi pada atmosfer planet merah itu," tuturnya.

Dan orang-orang yang mengirimkan nama mereka untuk DVD kemudian akan mendapatkan sertifikat penghargaan untuk merekam keterlibatan mereka ke Planet Merah. Sedangkan batas waktu pengiriman nama dan puisi adalah 1 Juli mendatang.

Pemberian suara untuk tiga pesan terbaik dimulai pada 15 Juli, dan pemenang diumumkan pada 8 Agustus. Sedangkan misi perjalanan MAVEN sendiri diharapkan dapat lepas landas pada akhir 2013.
Kirim Puisi ke NASA, Anda Berkesempatan ke Planet Mars Kirim Puisi ke NASA, Anda Berkesempatan ke Planet Mars Reviewed by Kontributor on 5/06/2013 08:28:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.