Inilah Durasi Perjalanan Menuju Planet Mars

Ilustrasi. Kredit: wakpaper
Info Astronomy - Kita tahu planet-planet yang ada di luar angkasa memiliki jarak yang jauh dari Bumi. Namun, banyak orang yang belum tahu, berapa jarak dan waktu tempuh untuk mencapai Planet Mars.

Meskipun jarak Bumi dan Mars sangat jauh, tapi beberapa misi luar angkasa yang mengirimkan robot sampai ke Mars telah sukses. Bagaimana jika kita mulai membayangkan perjalanan ke Planet Merah itu dengan jalur lurus dari Bumi dengan kecepatan 7.000 piksel per detik, atau sekitar tiga kali kecepatan cahaya.

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana?

Saat ini, banyak yang memperkirakan jarak Bumi dan Mars adalah 40 juta mil, atau sekitar 56 juta kilometer. Artinya, jarak keduanya sekitar 170 kali jarak Bumi ke bulan.

Namun, berdasarkan hitungan dari David Paliwoda dan Jesse Williams, yang dipublikasikan di laman Distancetomars, Bumi dan Mars berada pada sisi berlawanan dan dipisahkan oleh Matahari.

Sekarang ini, jarak Bumi dan Mars adalah 225 juta mil, atau sekitar 362 juta kilometer. Bahkan, saking jauhnya, para insinyur yang ingin mengirimkan suara perintah ke Robot Curiosity di Mars harus merekamnya terlebih dahulu.

Pasalnya, jika perintah suara itu langsung diberikan kepada Curiosity, dipastikan suara itu akan hilang sebelum sampai ke Mars. Terlalu banyak gangguan di Sistem Tata Surya.

Untuk sampai ke Mars, Curiosity telah melakukan perjalanan selama delapan bulan 11 hari. Jarak yang ditempuh sekitar 352 juta mil, atau 567 juta kilometer.

Dari hasil animasi yang dibuat David Paliwoda dan Jesse Williams, untuk sampai ke Mars, manusia hanya membutuhkan waktu sekitar 150 hari. Itu pun jika dilakukan dengan kecepatan 7.000 piksel per detik, atau tiga kali kecepatan cahaya.

Anda bisa mengklik tautan ini untuk membayangkan seberapa jauh jarak dari Bumi ke bulan dan Mars. Sudah? Bagaimana, Anda berminat terbang ke Planet Merah itu dengan lama perjalanan 8 bulan?
Inilah Durasi Perjalanan Menuju Planet Mars Inilah Durasi Perjalanan Menuju Planet Mars Reviewed by Kontributor on 5/12/2013 04:29:00 PM Rating: 5

3 komentar

  1. 3x kecepatan cahaya apa kecepatan suara sih min.....???

    BalasHapus
  2. yang 3 kali kecepatan cahaya itu adalah ilustrasinya, ayo baca lebih jelas lagi biar paham. :)

    BalasHapus
  3. kalo ikut ke mars, kan 8 bulan di pesawat astronotnya, nah tuh eeknya gimana ._.? kan gak ada gravitasi.
    trus kalo udh nyampe mars, di sana ada oksigen ? makanan ? kalo gak ada, mengirim manusia ke mars sama aja membunuhnya ._. tapi keren sih bisa mencatatkan nama sbg org pertama yg mendarat di mars

    *commentFromNewbie*

    BalasHapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.