Galaksi Andromeda Mendekat, Lihat Penampakannya di Langit

Galaski Andromeda di langit malam. Kredit: Earthsky
Info Astronomy — Andromeda, sebuah galaksi "rakus" berisikan 1 triliun bintang ini sedang mendekati Galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 300 kilometer per detik. Diperkirakan 5 miliar tahun lagi kedua galaksi ini akan bertabrakan.

Dengan mendekatnya Galaksi Andromeda, Anda dapat mengamatinya di langit yang gelap gulita. Bagaimana caranya?

Mulai tanggal 5 Mei 2013, kedudukan Galaksi Andromeda masih rendah di langit timur. Anda dapat mengamatinya mulai pukul 04.00 waktu setempat dengan menggunakan teropong, teleskop, atau DSLR.

Galaksi Andromeda terletak di konstelasi atau rasi bintang Andromeda. Konstelasi Andromeda tiap hari kedudukannya akan semakin naik. Pada tanggal 25 Juli 2013, di jam yang sama pada 5 Mei, Galaksi Andromeda akan ada di langit atas kepala sedikit ke utara.

Galaksi Andromeda berjarak 2,5 juta tahun cahaya dari tata surya kita. Ia merupakan galaksi spiral tetangga Bima Sakti. Pengamatan Galaksi Andromeda harus memerhatikan hal-hal berikut:
  1. Langit bebas dari polusi apapun, tidak hujan, dan sebaiknya mengamati di wilayah pedesaan.
  2. Bawalah alat bantu pengamatan seperti teleskop.
  3. Miliki peta bintang atau planisfer untuk mencari galaksi Adromeda.
  4. Ajaklah orang tersayang Anda untuk mengamati bersama, karena mengamati sendiri itu kurang mengasyikan.
  5. Gunakan baju hangat dalam melakukan pengamatan.
Selamat mengamati, semoga pengalaman mengamati benda langit akan bertambah. Salam Astronomi.
Galaksi Andromeda Mendekat, Lihat Penampakannya di Langit Galaksi Andromeda Mendekat, Lihat Penampakannya di Langit Reviewed by Kontributor on 5/04/2013 09:11:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.