Badai Matahari Menerjang Bumi, Aurora Cantik Terbentuk

Aurora di Unity Pond in Unity, Maine, Amerika Serikat. Kredit: Mike Taylor
Info Astronomy - NASA Solar Dynamics Observatory (SDO) milik Amerika Serikat telah mendeteksi solar flare dan coronal mass ejections (CME) dari matahari pada 17 Mei 2013 lalu. CME ini telah sampai ke Bumi per tanggal 24 Mei 2013.

Pada tanggal 17 Mei 2013, Matahari melepaskan sebuah CME ke arah Bumi pada jam 7:24 WIB mengirimkan miliaran ton partikel Matahari ke luar angkasa.

Model penelitian NASA berdasarkan pengamatan dari NASA Solar Terrestrial Relations Observatory menunjukkan bahwa CME meninggalkan Matahari dengan kecepatan sekitar 745 mil per detik.

NASA mengatakan akan terus memantau situasi dan memberikan informasi lebih lanjut. Solar maksimum adalah puncak aktivitas matahari yang disebut siklus 11 tahun Matahari. Siklus ini, yang dapat berlangsung dari 9 sampai 14 tahun diikuti oleh apa yang disebut solar minimum.

CME yang sampai ke Bumi ini membentuk sesuatu yang indah, yaitu aurora. Aurora cantik berhasil diabadikan oleh astrofotografer Mike Taylor dari Unity Pond in Unity, Maine, Amerika Serikat pada Jum'at (24/5).

Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan (CME) yang dipancarkan oleh Matahari.

Sayangnya, aurora hanya terjadi di kutub Bumi, untuk wilayah Indonesia yang berada di garis khatulistiwa mau tidak mau hanya bisa melihat keindahan aurora lewat foto. Mengapa demikian? Lihat bagaimana aurora terbentuk di sini.
Badai Matahari Menerjang Bumi, Aurora Cantik Terbentuk Badai Matahari Menerjang Bumi, Aurora Cantik Terbentuk Reviewed by Kontributor on 5/26/2013 11:03:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.