Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Astronot Misi ke Mars Menjalani Latihan di Kutub Utara

Astronot Misi ke Mars Menjalani Latihan di Kutub Utara
Suasana latihan astronot Mars Society
Suasana latihan astronot Mars Society. Kredit: Mars Society
Info Astronomy - Sebelum berangkat ke Planet Mars, astronot dari program misi ke Mars dari Mars Society, perusahaan nirlaba asal Amerika Serikat, menjalani latihan di Kutub Utara Bumi.

Menurut Mars Society, kutub utara merupakan wilayah terisolasi dan memiliki banyak tantangan bagi manusia untuk bisa hidup di lokasi tersebut. Latihan ini akan dilakukan selama satu tahun agar misi manusia ke Mars benar-benar jadi kenyataan.

Misi Mars Arctic 365 (MA365) ini diajukan di Devon Island Kanada dan akan ditempatkan di Flashline Mars Arctic Research Station. Misi MA365 telah digelar sejak 2001 dan kabarnya dilakukan setiap tahun untuk periode misi beberapa bulan.

Misi ini akan mencakup semua musim, termasuk musim dingin yang menguji ketahanan astronot sebelum nantinya akan tinggal di Mars. Robert Zubrin, presiden Mars Society mengatakan bahwa astronot yang tinggal di kutub akan bereksplorasi mirip yang akan dilakukan astronot Mars.

Manusia 'pemberani' ini akan melakukan berbagai penelitian seperti mempelajari geologi, iklim dan mikrobiologi di Mars. Kutub utara dianggap persisi seperti Mars, yang memiliki lingkungan dingin dan berbahaya.

"Dalam kondisi ini, di mana para kru sedang berusaha keras untuk mendapatkan karya ilmiah yang nyata. Mereka akan berurusan dengan peralatan besar, dingin, bahaya, ketidaknyamanan, serta isolasi," jelas Robert .

Ia menambahkan, tekanan nyata dari misi manusia ke Mars harus dapat ditemui. Para kru harus menguasai medan lapangan dan bisa bertahan hidup di area tersebut.

Organisasi ini memerlukan USD50 ribu yang diterima dari pendukung sebelum kru memulai tahap pertama pada Juli 2013. Tahap kedua, misi ini sendiri akan dilakukan pada 2014. Total biaya yang dikeluarkan sekira USD1,13 juta.

Referensi: Okezone, Kompas, NASA

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.