Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

6 Planet 'Alien' Terbaik yang Ditemukan Wahana Kepler milik NASA

6 Planet 'Alien' Terbaik yang Ditemukan Wahana Kepler milik NASA
Ilustrasi Planet Ekstra Surya. Kredit: NASA
Info Astronomy - Apa yang Anda ketahui tentang Planet Ekstra Surya? Well, istilah eksoplanet mungkin lebih akrab di telinga Anda. Eksoplanet adalah planet yang berada di luar sistem tata surya kita.

Setidaknya, ada 7 eksoplanet terbaik yang pernah ditemukan manusia. Dalam hal ini, wahana antariksa Kepler milik Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) lah yang menemukannya. Apa sajakah 7 eksoplanet terbesar itu?

6. Kepler 10b


Kepler 10b adalah eksoplanet bebatuan yang tidak dipertanyakan yang ditemukan pada Januari 2011. Ini adalah eksoplanet yang memiliki permukaan yang panas, dan berukuran 1.4 kali ukuran Bumi. Kepler 10-b terletak 500 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. (1 tahun cahaya = 9,4 triliun kilometer)

5. Kepler 16b


Eksoplanet Kepler 16b adalah eksoplanet gas dan eksoplanet pertama yang ditemukan dengan 2 bintang induknya. Kepler 16b ditemukan pada September 2011.

4. Kepler 20e 


Kepler 20e adalah eksoplanet yang berukuran lebih kecil dari Bumi pertama yang ditemukan; hanya 0.87 kali ukuran Bumi. Kepler 20e dan Kepler 20f adalah eksoplanet yang berada dalam tata surya yang sama. Mereka ditemukan pada Desember 2011.

3. Kepler 22b


Pada Desember 2011, para astronom mengumumkan penemuan dari eksoplanet Kepler 22b, adalah eksoplanet pertama yang berpotensi mendukung kehidupan. Kepler 22b berkukuran 2.4 kali Bumi.

2. Kepler 37b


Kepler 37b adalah eksoplanet yang yang kecil, yang diumumkan keberadaannya pada Februari 2013, ia sedikit lebih besar daripada Bulan milik kita dan hanya membutuhkan waktu 13 hari untuk mengitari bintang induknya (Bumi membutuhkan 365 hari untuk mengitari bintang induknya [Matahari]). Suhu dipermukaannya mencapai 400 derajat Celsius.

1. Kepler 62e dan Kepler 62f 


Kepler 62e dan 62f mungkin adalah yang paling menjanjikan sebagai kandidat eksoplanet layak untuk kehidupan. Kedua eksoplanet ini, yang masing-masing 1,6 dan 1,4 kali ukuran Bumi, mungkin memiliki lautan yang menyeluruh di permukaan yang penuh dengan kehidupan, kata peneliti yang memelajarinya. Penemuan mereka diumumkan pada bulan April 2013.

Semua Foto Planet Ekstra Surya di atas adalah ilustrasi, bukan asli.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.