10 Hal yang Menakjubkan di Luar Angkasa

Ilustrasi luar angkasa. Kredit: Ivia
Info Astronomy - Luar angkasa, sebuah ruang tanpa batas ini menyimpan banyak misteri. Mulai dari misteri yang mikro hingga mahabesar ada di sana. Tahukah Anda? Ada 10 hal yang menakjubkan di luar angkasa.

Kami telah merangkum 10 hal itu di dalam artikel ini. Apa sajakah itu?


10. Bintang Jatuh (Bintang hypervelocity)

Ilustrasi bintang jatuh
Jika Anda menatap langit malam, Anda mungkin berharap pada bintang jatuh (meteor jatuh). Tapi bintang jatuh yang sebenarnya memang ada tapi sangat jarang. Sebagai perbandingan, 1 : 100 juta.

Pada tahun 2005, astronom menemukan bintang jatuh pertama yang disebut bintang "hypervelocity" , meluncur keluar dari galaksi dengan kecepatan hampir 530 mil per detik (10 kali lebih cepat dibandingkan dengan gerakan bintang biasa).

Astronom mencurigai fenomena ini terjadi mungkin di sebabkanoleh ledakan supernova dan lubang hitam supermasif.

9. Planet Dari Neraka

Ilustrasi planet dari neraka
Planet Gliese 581c akan membunuh Anda. Serius. Para ilmuwan telah menentukan bahwa planet neraka ini adalah kandidat yang paling mungkin untuk kolonisasi masa depan. Meskipun fakta seluruh planet ini belum Anda ketahui.

Planet ini mengorbit bintang katai merah yang lebih kecil dari matahari, dengan luminositas hanya 1,3% dari matahari kita. Berarti bahwa planet ini jauh lebih dekat ke bintangnya dibandingkan jarak planet kita dengan matahari. Karena itu, kita terjebak dalam keadaan penguncian pasang surut, yang berarti bahwa satu sisi planet ini selalu menghadap bintang, dan satu sisi selalu menghadap berlawanan. Seperti hubungan Bulan dengan Bumi.

Penguncian pasang surut planet itu sendiri menghasilkan beberapa fitur yang cukup aneh. Melangkah ke sisi planet yang terang akan melelehkan Anda, sedangkan berdiri di sisi berlawanan dari planet ini, di mana tidak ada matahari, akan membuat Anda langsung membeku. Namun, di antara kedua tempat ekstrim ini ada sabuk kecil di mana kehidupan secara teoritis bisa ada.

8. Sistem Castor

Ilustrasi planet dengan 2 bintang
Sebagian bintang di rasi Gemini terdiri dari 1 atau 2 bintang terang, tetapi ada beberapa yang memiliki luminositas tinggi. Itu karena dia termasuk sistem Castor, Sistem Castor tidak satu, atau dua bintang, tapi enam bintang, semua mengorbit di sekitar pusat massa. Tiga bintang biner mengorbit sistem yang sama di sini, dengan dua bintang panas dan cerah tipe-A terjebak dalam sistem beserta empat bintang katai merah tipe-M.

7. Rasberry dan Rum di Luar Angkasa

Sagittarius B2
Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah mempelajari awan debu dekat pusat galaksi Bima Sakti kita. Awan debu unik yang disebut Sagitarius B2, memiliki bau rum dan rasanya seperti rasberry. Itu disebabkan karena awan gas tersebut sebagian besar terdiri dari ethyl formate, senyawa yang dikenal memberikan rasa rasberry dan bau rum yang khas.

6. Planet Es Yang Terbakar

Ilustrasi planet Gliese 436 b
Planet Gliese 436 b, secara sederhana, adalah es batu yang terbakar. Satu-satunya alasan es ini tetap padat adalah karena sejumlah besar air yang hadir di planet ini, gravitasi menarik semua air menuju inti, menjaga molekul air sehingga padat sehingga mereka tidak bisa menguap. Suhu permukaan planet ini adalah 439 derajat Celcius.
5. Planet Berlian

Perbandingan planet Bumi (kiri) dan planet 55 Cancri-e
Akhirnya kita sampai ke planet indah, 55 Cancri e. Keseluruhan dari permukaan planet ini terbuat dari kristalisasi berlian.

Sepertiga dari massa planet ini dikatakan berlian murni. Sementara Bumi tertutup air dan berlimpah oksigen, planet ini dibuat terutama dari grafit, berlian, dan silikat lainnya.

Planet ini memiliki ukuran 2 kali lebih besar dari Bumi serta memiliki massa 8 kali massa Bumi dan membuatnya menjadi "Bumi Super."

4. Awan Himiko

Awan Himiko
Objek ini menunjukkan pada kita tentang objek purba di alam semesta. Awan Himiko merupakan objek paling masif yang pernah ditemukan di alam semesta awal, dan terbentuk hanya 800 juta tahun setelah Big Bang.

Awan Himiko mengejutkan para ilmuwan dengan ukurannya yang tipis, kira-kira setengah dari Galaksi Bima Sakti kita. Himiko memiliki apa yang dikenal sebagai "zaman reionization," atau periode sekitar 200 juta hingga satu miliar tahun setelah Big Bang dan awan ini membuat ilmuwan berhasil melihat awal pembentukan galaksi.

3. Waduk Air Terbesar di Semesta

Ilustrasi waduk air di luar angkasa
Dua belas miliar tahun cahaya jauhnya, penampung air terbesar di alam semesta berada di jantung quasar. Mengandung 140.000.000.000.000 kali jumlah air di lautan bumi, dan ditemukan di dekat lubang hitam raksasa di pusat quasar, sayangnya air ini berbentuk awan gas yang berdiameter beberapa ratus tahun cahaya.

Tetapi ada lubang hitam didekatnya yang memiliki ukuran dua puluh miliar kali ukuran matahari kita yang terus memuntahkan energi dalam jumlah besar -- setara dengan apa yang akan dihasilkan oleh 1.000 triliun matahari.

2. Listrik Terbesar di Alam Semesta

Ilustrasi petir di luar angkasa
Hanya beberapa tahun yang lalu, para ilmuwan 'tersandung' pada arus listrik dengan proporsi kosmik: 10^18 amp, atau sekitar satu triliun petir.

Petir ini diperkirakan berasal dari sebuah lubang hitam raksasa di pusat galaksi, yang memiliki inti "jet kosmik besar." Rupanya, medan magnet besar lubang hitam memungkinkan untuk membentuk petir ini melalui gas dan debu dengan jarak lebih dari seratus lima puluh ribu tahun cahaya jauhnya.

1. Large Quasar Group (LQG)

Ilustrasi kuasar
Para astronom telah menemukan struktur terbesar yang diketahui di alam semesta yakni gumpalan inti galaksi aktif yang membentang 4 miliar tahun cahaya dari ujung ke ujung. Struktur ini merupakan large quasar group (LQG), yang terdiri dari inti galaksi yang sangat terang didukung oleh lubang hitam supermasif di pusatnya.

Kelompok ini begitu besar sehingga menantang teori kosmologi modern, kata para peneliti. "Meskipun sulit untuk memahami skala LQG ini, kita dapat mengatakan bahwa objek ini merupakan objek terbesar yang pernah ditemukan di alam semesta," kata Roger Clowes, dari University of Central Lancashire di Inggris.

Quasar adalah obyek paling terang di alam semesta. Selama beberapa dekade, astronom telah mengetahui bahwa quasar cenderung berkumpul dalam kelompok besar, beberapa di antaranya memiliki luas lebih dari 600 juta tahun cahaya.

LQC yang baru ditemukan terdiri dari 73 quasar dan rentang sekitar 1,6 miliar tahun cahaya ke banyak arah dan pada titik terlebar memiliki luas 4 miliar tahun cahaya.
10 Hal yang Menakjubkan di Luar Angkasa 10 Hal yang Menakjubkan di Luar Angkasa Reviewed by Kontributor on 5/26/2013 02:42:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.